Cermati Waktu Ideal Servis Mobil Sebelum Mudik
Tune Up mesin mobil sebelum mudik cegah mogok di jalan. Weedfamilyautomotive
Jakarta: Pulang kampung di hari raya lebaran menjadi tradisi unik yang hampir dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang berencana mudik dengan mobil pribadi, ada baiknya persiapkan kendaraan Anda sedini mungkin.

"Waktu yang ideal untuk mempersiapkan mobil Anda adalah, minimal dua minggu sebelum hari H. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari antrean panjang di bengkel, karena biasanya semakin dekat hari lebaran, akan semakin banyak yang servis mobil untuk mudik," kata Mislam, mekanik yang praktek di bengkel Speed Shop di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu,

Selain itu, dengan tenggang waktu yang masih tersisa bisa mencegah persiapan yang terlupa/terlewat saat servis mobil. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap tempur untuk mudik nanti?

Lakukan tune up, karena tune up merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pekerjaan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.


"Untuk standar mobil dalam kondisi normal, servis tune up sudah cukup. Mungkin tambahan perbaikan pada penggantian spare part yang sudah tidak layak atau kerusakan akibat usia pakai," bebera Mislam.

Dengan persiapan waktu servis yang cukup, Anda diharapkan lebih mengetahui kondisi mesin mobil, termasuk kelayakan, serta kesiapan kendaraan menempuh perjalanan jauh atau keluar kota. Ingat, selalu utamakan keselamatan berkendara.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id