Safety Driving

Logic Driving, Salah Satu Kunci Keselamatan Berkendara

Ahmad Garuda 10 September 2018 12:34 WIB
safety driving
Logic Driving, Salah Satu Kunci Keselamatan Berkendara
Logic driving patut digunakan sesuai kondisi lalu lintas di jalan raya. Dok Antara
Jakarta: Berkendara dengan mentaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas, adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin aman dan selamat di jalan raya. Meski tak jarang juga kecelakaan terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

Namun ada hal lain yang menjadi perhatian pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, yaitu soal pelanggaran kecepatan yang biasanya terjadi di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Menurutnya, pada saat-saat tertentu, biasanya pelanggaran batas kecepatan dilakukan secara massal. Di saat seperti inilah menurutnya harus menggunakan logika berkendara.

"Jadi pada kondisi jalan lengang, biasanya banyak kendaraan yang melaju di atas batas kecepatan maksimal di jalan tol. Jika kita melakukan hal yang sama, otomatis kita juga akan melanggar aturan. Tapi kalau taat aturan kecepatan, risiko tertabrak dari belakang dan menjadi penyebab kecelakaan bagi orang lain. Di sinilah kita butuh logika dalam berkendara," ungkap Jusri beberapa waktu lalu.


Ia melanjutkan bahwa logika dalam berkendara adalah menyesuaikan gaya berkendara dengan lingkungan sekitar, agar tidak menjadi penyebab masalah. Meski harus ikutan melanggar aturan yang ditetapkan. Atau kalau tidak mau melanggar, sekalian keluar dari jalan tersebut dan mengambil alternatif jalur yang lain.

"Ya itu adalah risiko yang harus kita jalani ketika berada dalam sebuah kondisi yang memaksa kita harus berkendara menjaga keselamatan diri sendiri. Bukan berarti mau pasang niat untuk melanggar aturan berkendara. Tapi ini lebih ke logika berkendara disesuaikan dengan kondisi sekitar."

Dalam beberapa kasus, ini memang sering terjadi. Satu contoh yang paling banyak dilakukan pengendara di ruas jalan tol adalah melambat di jalur paling kanan untuk jalan tol di Indonesia. Secara otomatis, pengendara tersebut sudan membahayakan pengendara lain yang ingin menggunakan jalur cepat itu.

Jadi mulai sekarang, Anda wajib memahami kondisi berkendara orang-orang yang ada di sekitar sebelum menentukan kecepatan mobil yang Anda kendarai.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id