Industri Otomotif

Toyota dan PSA Stop Produksi City Car

M. Bagus Rachmanto 24 November 2018 09:13 WIB
industri otomotif
Toyota dan PSA Stop Produksi City Car
Toyota Aygo. Carscoops
Jepang: Toyota dan PSA dilaporkan akan berhenti memproduksi mobil kecil pada 2021. Sebagai gantinya mereka bakal bekerja sama untuk membuat kendaraan atau mobil komersial ringan.

Surat kabar Prancis Les Echos melaporkan, bahwa Toyota akan membeli saham PSA dalam usaha patungan mereka, dan menambahkan pabrik Kolin di Republik Ceko agar masuk ke dalam daftar fasilitas manufaktur mereka.

Disebutkan, kedua pembuat mobil akan bekerja sama untuk memproduksi kendaraan komersial ringan di Prancis dan Spanyol, dan PSA merakit Toyota di pabrik Sevelnord mereka di Prancis utara. Pabrik PSA di Vigo, Spanyol juga akan memproduksi kendaraan untuk Toyota.

“Mengenai pabrik di Kolin, perjanjian awal dari usaha patungan yang ditandatangani pada Januari 2002 mencakup penutupan yang memungkinkan setiap mitra untuk meninjau posisinya pada saat tertentu. Kami sedang dalam proses evaluasi ini. Tidak ada yang diputuskan, ” kata juru bicara PSA kepada Reuters, beberapa waktu lalu.


Toyota dan PSA telah memulai kesepakatan kerjasamanya sejak 2001, dan memutuskan untuk mengembangkan serta memproduksi cty car mungil. Hasil dari usaha patungan tersebut terciptalah Toyota Aygo, Peugeot 108, dan Citroen C1. 

Ketiga model itu berbagi segalanya, terlepas dari beberapa perubahan desain kecil. Model generasi pertama mulai dijual pada 2005, ketika produksi dimulai di pabrik Kolin di Republik Ceko. 

Saat ini, ketiga mobil city car itu sekarang sudah masuk pada model generasi kedua, dan baru-baru ini menerima facelift yang memperkenalkan emisi rendah dan fitur teknologi baru.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id