Ada tiga tingkatan pengerjaan mobil yang terkena banjir di Auto2000. Auto2000
Ada tiga tingkatan pengerjaan mobil yang terkena banjir di Auto2000. Auto2000

Ini Tingkatan Perbaikan Mobil-Mobil yang Terkena Banjir

Otomotif banjir jakarta toyota Jakarta Banjir
Ekawan Raharja • 04 Januari 2020 18:00
Jakarta: Banjir besar melanda beberapa wilayah di Indonesia di awal tahun 2020 dan membut Kerugian material tidak terhingga nilainya, seperti mobil yang terendam banjir bahkan hingga terseret arus air bah yang sangat deras. Tentu saja mobil yang terkena banjir harus lekas dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan, dan Auto2000 sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) untuk mobil-mobil yang terkena banjir.
 
Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, menjelaskan sudah memiliki program khusus untuk penanganan banjir yang bisa dimanfaatkan mulai 6 Januari - 29 februari 2020. Menurutnya bengkel resmi untuk Toyota ini sudah membagi tiga tingkatan kerusakan mobil akibat banjir yakni pekerjaan ringan, sedang, dan berat.
 
Pekerjaan ringan ini adalah untuk mobil-mobil yang terkena banjir hingga merendam seluruh karpet dasar. Pekerjaan yang dilakukan meliputi melepaskan dan mengeringkan karpet, overhaul alternator, overhaul motor starter, mengecek dan membersihkan sistem pengereman, mengecek dan menyetel bearing roda, mengecek power steering hingga menguras minyak power steering hidrolis, hingga memeriksa elektrikal junction block dan wire to wire connection.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian pekerjaan medium adalah untuk korban banjir yang terendam hingga menyentuh sandaran jok. Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan light ditambah beberapa item lain seperti melepas dan mengeringkan jok, door trim, dasbor, dan speaker, periksa sistem AC, periksa radio tape, periksa sistem bahan bakar, periksa sistem pengapian, periksa alarm mobil, kuras oli mesin, kuras oli transmisi dan gardan, kuras transmisi otomatis, serta kuras tangki bahan bakar.
 
Sedangkan pekerjaan berat adalah untuk korban banjir yang terendam di atas plafon. Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan medium ditambah membersihkan atau mengganti plafon.
 
“Kami turut prihatin dengan adanya musibah banjir yang melanda wilayah ibukota dan sekitarnya, dan memahami situasi sulit bagi pemilik mobil Toyota yang tertimpa musibah banjir. Oleh karenanya Auto2000 menyiapkan program khusus yang diharapkan dapat membantu para pemilik kendaraan yang terdampak,” kata Ricky Martawijaya Jumat (3/1/2019).
 
Ricky juga menyebutkan bahwa mereka memberikan diskon 10 persen untuk suku cadang dan 30 persen untuk jasa hingga 3 Februari 2020. Sebagai contoh untuk Toyota Agya yang terkena kategori pekerjaan ringan akan terkena biaya jasa sekitar Rp2,2 juta sesudah diskon 30 persen, dari harga normal sekitar Rp3 juta. Namun ditekankan biaya jasa ini belum termasuk PPN, pengerjaan menghilangkan bau, dan biaya penggantian suku cadang.
 
Selain Auto2000, sejumlah merek lain juga menghadirkan program khusus layanan purna jual penanganan banjir. Bahkan DFSK juga mengumumkan memberikan diskon untuk perbaikan mobil-mobil yang terkena banjir.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif