NEWSTICKER
Sosialisasi perluasan sistem ganjil-genap. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
Sosialisasi perluasan sistem ganjil-genap. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

Lalu Lintas

Peraturan Ganjil-Genap DKI Jakarta Ditiadakan Selama 2 Pekan

Otomotif lalu lintas Virus Korona sistem ganjil genap
Ekawan Raharja • 16 Maret 2020 08:37
Jakarta: Menyikapi pesebaran virus korona di Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meliburkan sejumlah kegiatan dan menutup beberapa tempat hiburan yang ada di Ibukota. Selain itu, Pemprov juga meniadakan peraturan ganjil-genap di sejumlah ruas-ruas jalan di Jakarta selama dua pekan ke depan.
 
Peniadaan peraturan ganjil-genap ini untuk mengurangi risiko penularan covid-19 melalui transportasi umum. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap masyarakat bisa memilih transportasi yang aman bagi mereka untuk bepergian.
 
"Saat ini potensi penularan di kendaraan umum cukup tinggi, karena itu kita akan menghapuskan sementara kebijakan ganjil-genap di seluruh kawasan Jakarta sehingga masyarakat bisa memilih moda transportasi yang lebih minim risiko penularan," kata Anies Minggu (15/3/2020) di Balai Kota DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peniadaan peraturan ganjil-genap ini akan berlangsung mulai Senin (16/3/2020), hingga dua minggu ke depan. Sehingga dengan ini, pemilik mobil bebas untuk menggunakan mobilnya pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB-20.00 WIB yang biasanya diatur lalu lintasnya oleh peraturan ganjil-genap.
 
Masyarakat bisa menggunakan mobilnya dengan leluasa untuk melintasi wilayah yang terkena ganjil genap, seperti skema satu yang meliputi Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Majapahit. Kedua, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai simpang Jalan TB Simatupang).
 
Skema ketiga, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin dan Jalan Tomang Raya. Terakhir, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, Jalan Gunung Sahari dan segmen persimpangan terdekat sampai pintu masuk jalan tol serta pintu keluar jalan tol sampai persimpangan terdekat.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif