Tama sebagai sejarah cikal bakal mobil listrik Nissan. Nissan
Tama sebagai sejarah cikal bakal mobil listrik Nissan. Nissan

Mobil Listrik

Tama Jadi Cikal Bakal Mobil Listrik Nissan

Otomotif mobil listrik nissan
Ekawan Raharja • 28 Juni 2020 15:28
Yokohama: Nissan Leaf merupakan salah mobil listrik yang cukup laris di pasar global sekarang ini. Jauh sebelum ada Leaf di pasar otomotif, ternyata Nissan juga memiliki mobil listrik lainnya yang mereka beri nama Tama.
 
Sejarah mobil listrik Nissan ini sudah di mulai dari Tama. Mobil ini bukan bukanlah mobil yang sudah diperkenalkan 10-40 tahun ke belakang, namun sudah ada sejak 1947.
 
Tama dikembangkan sebagai bentuk jawaban atas kondisi Jepang setelah melewati masa perang dunia kedua. Di sana kondisinya sedang mengalami kelangkaan minyak bumi, bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, namun stok listrik melimpah ruah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tama Jadi Cikal Bakal Mobil Listrik Nissan
 
Kondisi ini membuat para insinyur otomotif membuat mobil listrik agar tenaga listrik yang ada tidak terbuang percuma. Akhirnya muncul Tama pada 1947.
 
Tama hadir dengan dua model, sebagai kendaraan penumpang dan kendaraan komersial. Uniknya, meski mobil ini hanya memiliki dua pintu namun untuk kendaraan penumpang mampu menampung empat orang penumpang.
 
Tama Jadi Cikal Bakal Mobil Listrik Nissan
 
Mobil ini terbilang juga cukup ringkas dengan dimensi 3,200 mm (panjang), 1,270 mm (Lebar),1,650 mm (tinggi). Selain itu mobil ini memiliki bobot 1.050 kilogram.
 
Diketahui mobil ini memiliki tenaga dari motor listrik DC 36 V yang mampir hasilkan tenaga sekitar 4,5 daya kuda. Catatan resmi Nissan kecepatan puncaknya tembus 35 kilometer per jam dan mampu berjalan sejauh 65 kilometer dengan sekali pengisian baterai penuh.
 
Tama Jadi Cikal Bakal Mobil Listrik Nissan
 
Baterai yang digunakan saat itu adalah model Lead-Acid berukuran 40V (162 Ah). Posisi kompartemen baterai ini berada di bawah dek kabin dan dilengkapi dengan rel, sehingga mempermudah pemilik mengeluarkan/memasukan baterai untuk mencatu daya.
 
Sekarang, unit restorasi ini bisa ditemui di deretan mobil koleksi Nissan Heritage Collection di Jepang. Cukup menarik bukan?
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif