Kementerian Perindustrian mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi virus korona (covid-19) di Tanah Air. Alibaba
Kementerian Perindustrian mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi virus korona (covid-19) di Tanah Air. Alibaba

Industri Otomotif

Kemenperin Minta Pabrik Mobil Produksi Ventilator, Ini Jawaban Toyota

Otomotif toyota industri otomotif Virus Korona virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 09 April 2020 14:22

Jakarta: Pemerintah meminta kepada produsen otomotif untuk memproduksi alat bantu pernafasan ventilator yang digunakan oleh para pasien pengidap virus korona. Sejumlah merek otomotif menanggapi dengan beraneka ragam, termasuk Toyota yang memiliki pabrik di Indonesia.
 
Direktur Administrasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menerangkan merasa terhormat telah dipercaya untuk turut serta berpartisipasi dalam inisiatif mengembangkan alat bantu pernapasan atau ventilator bersama dengan perusahaan-perusahaan lokal, akademisi, dan para pemangku kepentingan lainnya di bawah arahan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Hal ini Sejalan dengan seruan Kementerian Perindustrian agar industri nasional berperan serta dalam menanggulangi covid-19, sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
 
“Kami tidak terlibat langsung dalam pengembangan maupun produksi alat-alat kesehatan seperti ventilator. Dukungan yang kami berikan berupa transfer pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan manufaktur yang efisien dengan harapan dapat membantu mempercepat pengembangan ventilator tersebut,” ungkap Bob Azam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di saat yang sulit ini, ketika masyarakat Indonesia bersama-sama berjuang melawan penyebaran virus korona dan dimana banyak Industri Kecil Menengah (IKM) lokal yang terkena dampak pandemi ini. Merek asal jepang ini turut ambil bagian dalam memberikan dukungan penuh salah satu IKM lokal yang memiliki kemampuan teknikal dan rekam jejak manufaktur yang sangat baik, sehingga mereka dapat mengembangkan prototipe ventilator dan kedepannya diharapkan dapat melakukan produksi di dalam negeri.
 
Sebelumnya, Kementerian Perindustrian mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi virus korona (covid-19) di Tanah Air. Saat ini, sejumlah rumah sakit rujukan covid-19 membutuhkan banyak ventilator seiring dengan bertambahnya penderita penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru tersebut.
 
"Sesuai arahan Bapak Menteri Perindustrian, kami telah meminta pelaku industri otomotif melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), agar beberapa anggotanya dapat memproduksi ventilator," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan tertulisnya.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif