Tips Knowledge

Begini Cara Pasang Sabuk Pengaman yang Benar

M. Bagus Rachmanto 07 Mei 2018 12:30 WIB
tips knowledge
Begini Cara Pasang Sabuk Pengaman yang Benar
Pasang sabuk pengaman dengan cara rendah rapat rata. Pioneer Press
Jakarta: Penggunaan seat belt atau sabuk pengaman yang terpasang di mobil masih banyak dianggap remeh oleh sebagian orang dalam berkendara. Padahal seat belt ini punya peran penting untuk menahan tubuh jika terjadi benturan atau tabrakan.

Selain itu pengunaan seat belt untuk tujuan keselamatan telah diatur dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  di Pasal 106 ayat 6 yakni, ‘Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan’.

Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal, pemasangan seat belt harus dilakukan dengan benar dan tidak asal terpasang. Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, pemasangan sealt belt yang benar harus dilakukan dengan cara 3 R (Rendah, Rapat, Rata).

Rendah ialah dengan menyetel ukuran seat belt yang terdapat di tiang pilar pintu mobil serendah mungkin, agar sabuk menempel di pundak.


Rapat ialah dengan merapatkan sabuk pengaman pada tubuh, ini bertujuan agar sabuk pengaman mengunci secara otomatis, dan tidak kendur jika terjadi benturan sehingga dapat menahan tubuh.

Rata adalah dengan cara meratakan sabuk di bagian perut, letakan sabuk pengaman di bawah perut, jangan pas di perut, hal ini untuk mencegah perut tertekan saat terjadi benturan.

“Pasang sabuk pengaman bagian atas harus seukuran dengan pundak tidak boleh lebih tinggi, ini untuk mencegah sabuk terkena leher, dan untuk bagian bawah posisikan di bawah perut, karena jika diletakkan pada bagian perut, apabila terjadi benturan perut akan tertekan dan bisa bahaya,” jelas Herry kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id