Teknologi Otomotif

'Efek' Buruk Keyless Entry System Mobil

M. Bagus Rachmanto 15 Mei 2018 08:56 WIB
teknologi otomotif
'Efek' Buruk <i>Keyless Entry System</i> Mobil
Perlunya sistem peringatan pada keyless entry system mobil. Carscoops
Amerika Serikat: Hampir sebagian mobil keluaran terbaru semuanya menawarkan keyless entry system/sistem pengapian tanpa kunci dan push button ignition. Sistem ini membuat pengendara mobil tak perlu lagi memakai kunci untuk membuka mobilnya dan tombol untuk menyalakan mesin dengan mudah. 

Namun rupanya sistem seperti itu juga punya dampak buruk dalam keadaan tertentu. Seperti dilaporkan New York Times, setidaknya 28 orang tewas di Amerika Serikat (AS) karena keracunan karbon monoksida dari mobil yang menggunakan keyless entry system. Sedikitnya 45 orang lainnya terluka dan beberapa dari mereka menderita kerusakan otak.

Laporan ini juga mencatat, sekarang sistem pengapian tanpa kunci sudah menjadi standar di hampir setengah populasi mobil yang dijual di AS, dan ini meningkatkan risiko akibat beberapa pengemudi lupa untuk mematikan mesin, terutama ketika mereka parkir mobil di dalam garasi.

Mengingat suara mesin baru yang halus dan hampir tak terdengar, beberapa pemilik hanya memarkir mobil mereka dan masuk ke rumah tanpa menyadari bahwa mesin mobilnya masih menyala. Jika ini terjadi untuk jangka waktu yang panjang, tak menutup kemungkinan akibat buruknya mereka bisa keracunan karbon monoksida.


Sayangnya meski telah dilaporkan sudah banyak menelan korban jiwa, namun sebagian besar produsen mobil belum juga memperkenalkan sistem keamanan yang dapat mencegah kejadian serupa terulang kembali. 

Surat kabar Society of Automotive Engineers juga telah menyerukan pentingnya fitur atau sistem yang bisa memperingatkan pemilik jika pemilik lupa memataikan mesin, pada mobil yang telah menggunakan sistem pengapian tanpa kunci.

Disebutkan, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) bakal segera mengusulkan peraturan baru, yang mengharuskan adanya sistem peringatan ketika kunci kontak tidak dimatikan. Namun, rupanya banyak pembuat mobil yang menentang peraturan baru ini dengan alasan tidak memperoleh banyak daya tarik konsumen.

Dikatakan, saat ini Ford sudah mempersiapkan model barunya dengan sistem pengaman yang secara otomatis mematikan mesin,jika mobil telah diam selama 30 menit, dan kunci utama tidak ada di dalam kendaraan. 



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id