Ciri Minyak Rem Wajib Ganti
Cek berkala tabung minyak rem. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Bagi pemilik kendaraan bermotor khususnya roda empat atau mobil wajib mengetahui dan memeriksa kondisi mobilnya secara berkala. Selama tidak terjadi kebocoran, pengecekan minyak/oli rem tak banyak atau jarang dilakukan oleh pemilik mobil. Bahkan sebagian pemilik tak terlalu peduli terhadap komponen cair itu.

Padahal rem memiliki fungsi penting untuk mengurangi laju kendaraan, untuk itu sangat wajib untuk melakukan pengecekan pada semua komponen rem pada mobil, termasuk oli/minyak rem.

Pengecekan berkala dimaksudkan agar kita mengetahui kondsi rem mobil dalam kondisi yang prima dan baik saat digunakan, serta tidak merepotkan saat di jalan. 

Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Boy Falatehansyah memaparkan, minyak rem itu punya batas pemakaian yang cukup panjang. Tapi patut diingat, minyak rem juga punya sifat menangkap uap air, terlebih saat berada dalam kondisi titik didih.


“Oli atau minyak rem yang ada di tabung pengisian punya usia pakai setahun, ganti jika sudah lebih dari setahun,” jelas Boy kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Boy menjelaskan, ganti oli atau minyak rem yang sudah berwarna hitam yang terlihat pada tabung pengisian. Warna hitam menandakan oli sudah tercampur dengan air, dan ini bisa bikin rem blong.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360