Buntut panjang penutupan pabrik General Motors di AS. Carscoops
Buntut panjang penutupan pabrik General Motors di AS. Carscoops

Pabrik Ditutup, United Auto Workers Tuntut General Motors

Otomotif industri otomotif
M. Bagus Rachmanto • 04 Januari 2019 10:00
Amerika Serikat: Penutupan lima pabrik General Motors (GM) di Amerika Serikat (AS) berbuntut panjang. Kelima pabrik tersebut adalah Pabrik Oshawa di Ontario, Kanada, Detroit-Hamtramck Assembly, Lordstown Assembly, Baltimore Operations, dan Warren Transmission Operations.
 
Kini giliran serikat pekerja The United Auto Workers (UAW) menggugat GM. Tuduhan yang dilayangkan serikat pekerja UAW terkait penggunaan pekerja sementara di pabrik Fort Wayne, Indiana bukannya menggunakan pekerja yang di-PHK dari pabrik lainnya.
 
Menurut UAW, penggunaan pekerja sementara itu melanggar kesepakatan buruh dengan pihaknya. Serikat pekerja mengatakan GM harus mempekerjakan sekitar 700 karyawan yang diberhentikan setiap jamnya dari pabrik Lordstown Assembly, yang memiliki hak untuk pindah ke pabrik-pabrik yang masih ada lowongan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GM juga disebut telah memotong dua shift di pabrik Ohio yang akan berhenti membuat Chevy Cruze pada Maret 2019. Gugatan perdata telah diajukan UAW di Pengadilan Distrik AS di Youngstown, Ohio yang mengklaim bahwa GM melanggar nota kesepahaman dengan UAW.
 
Dalam perjanjian disebutkan, pekerja sementara boleh bekerja dari 31 Mei 2018, hingga 31 Agustus 2018, untuk mendukung peluncuran truk pickup Chevrolet Silverado dan GMC Sierra baru di Fort Wayne Assembly Plant.
 
Pabrik Ditutup, United Auto Workers Tuntut General Motors
 
GM memiliki waktu hingga akhir November 2018 untuk menggantikan pekerja sementara dengan anggota serikat pekerja. UAW menyatakan bahwa GM melanjutkan penggunaan pekerja meskipun serikat menolak permintaan untuk memperpanjang pekerjaan sementara sampai akhir Februari 2019.
 
Setelah serangkaian negosiasi gagal, UAW memberi GM hingga akhir November 2018 untuk menggantikan pekerja sementara dengan anggota serikat, terlepas dari kenyataan bahwa GM menginginkan perpanjangan hingga Mei 2019.
 
Gugatan itu mengatakan pembuat mobil terus menggunakan pekerja sementara di Fort Wayne meskipun banyak dari 690 karyawan yang diberhentikan di Lordstown telah melamar pekerjaan di sana. UAW menuntut pengadilan untuk memerintahkan GM agar berhenti menggunakan di pabrik Indiana dan menggantikan pekerja sementara dengan anggota serikat.
 
Dalam sebuah pernyataan kepada WFMJ, seorang manajer komunikasi GM mengatakan perusahaan sudah mulai membawa karyawan dari Lordstown Assembly ke Fort Wayne. Perwakilan itu mengatakan bahwa "sekitar 35 anggota Lordstown UAW akan berada di tempat pada akhir Januari." Juru bicara itu menambahkan GM sedang melakukan diskusi dengan UAW mengenai kebutuhan stafnya di Fort Wayne tetapi "tidak ada komentar lebih lanjut tentang gugatan itu."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif