Penjualan station wagon di AS meningkat. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Penjualan station wagon di AS meningkat. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Segmen Station Wagon Kembali Tunjukkan Taring

Otomotif industri otomotif
M. Bagus Rachmanto • 08 Januari 2019 09:57
Amerika Serikat: Jauh sebelum segmen MPV dan SUV menguasai industri otomotif, tipe station wagon cukup laris di kalangan pecinta otomotif. Namun setelah tipe MPV dan SUV laris, sejumlah pabrikan mengurangi jumlah produksi atau bahkan menghilangkan model station wagonnya yang mereka tawarkan.
 
Dilansir dari Carscoops, meski tidak sebesar MPV dan SUV, namun kini pasar segmen station wagon kembali menunjukkan taringnya dan mulai bergairah. Penjualannya meningkat sekitar 29 persen dalam lima tahun terakhir.
 
Disebutkan ada sekitar 211.600 station wagon yang dijual di Amerika Serikat (AS) tahun lalu, meski terjadi penurunan penjualan hingga 26.000 unit di 2017. Penurunan 7.400 unit juga terjadi di 2016, dan terjual sekitar 219.000 unit di AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Segmen <i>Station Wagon</i> Kembali Tunjukkan Taring
Naiknya angka penjualan tersebut memang tidaklah terlalu signifikan, tetapi ini adalah angka yang sangat besar ketika pasar sangat kecil. Misalnya Volvo hanya menjual 491 unit V90 di AS, tahun lalu.
 
Meski begitu penjualan station wagon telah naik sejak 2013 ketika pabrikan hanya menjual 164.100 station wagon di AS. Artinya segmen station wagon sekarang tumbuh hampir dua kali lebih cepat.
 
Peningkatakn penjualan ini kemungkinan dikaitkan dengan membanjirnya model-model station wagon baru seperti Buick Regal TourX, Jaguar XF Sportbrake dan Volvo V90 yang bakal menghiasi industri otomotif dunia. Di Indonesia produk asal Jepang New Mazda 6 Estate juga mulai meramaikan segmen ini.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif