Xpander kini menjadi raja di LMPV. Mitsubishi
Xpander kini menjadi raja di LMPV. Mitsubishi

Mengenang Setahun Xpander Rebut Mahkota Raja LMPV dari Avanza

Otomotif toyota mitsubishi industri otomotif
Ekawan Raharja • 11 Januari 2019 16:24
Jakarta: Segmen low multi purpose vehicle (LMPV), jadi segmen yang lezat di pasar otomotif Indonesia sejak era millenium. Toyota yang begitu digdaya dengan Avanza-nya, untuk kali pertama keok di sisi penjualan bulanan tepat setahun lalu. Merek apalagi kalau bukan Mitsubishi yang hadir dengan gaya agresif small MPV miliknya. Perbaikan layanan purna jual hingga jaringan bahkan menjadi fokus mereka sepanjang 2017-2018.
 
Secara keseluruhan, Mitsubishi mengumumkan sudah menjual 115 ribu unit mobil tersebut per Desember lalu. Angka ini jauh lebih baik dari Avanza yang hanya 82.167 unit di periode yang sama. Februari 2018 adalah momentum perdana Xpander menekuk jagoan Toyota itu. Berdasarkan data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan Xpander mencapai 7.400 unit. Sementara untuk Toyota Avanza, turun dari angka penjualan 7.543 (Januari 2018) unit menjadi 6.773 unit di Februari.
 
Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, menjelaskan angka ini menunjukkan bahwa small MPV produksi Jawa Barat, Indonesia, itu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentu saja perbaikan ini juga menandakan dinamisnya industri otomotif, gaya hidup, dan hiburan sebagai kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
"Tahun lalu jadi landasan penjualan Xpander. Kami akan tetap berusaha untuk melanjutkan kesuksesan aktivitas, capaian dan kontribusi di segmen ini agar tetap jadi pilihan konsumen saat ingin membeli mobil. Pencapaian yang kami raih tahun lalu memang sangat bagus, tapi untuk mempertahankan itu tak mudah,” ungkap Irwan Kuncoro saat berbicara kepada medcom.id.
 
Secara keseluruhan di 2018, brand dengan logo tiga berlian itu termasuk rajin mempromosikan LMPV andalan mereka. Tentu saja di 2019 persaingan akan semakin sengit, mengingat Toyota tidak tinggal diam tahtanya diusik.
 
Mereka sudah mempersiapkan pembaruan Avanza di awal 2019 dan siap meluncur pada 15 Januari 2019. Perlu diketahui, bahwa Avanza adalah raja low MPV sejak kemunculan mereka pertama kali di 2013. Mobil ini langsung laris karena sesuai dengan ekspektasi masyarakat Indonesia akan mobil keluarga dengan kapasitas muat penumpang/barang yang banyak namun harga masih relatif terjangkau. Apakah Xpander bisa mempertahankan tahtanya, atau Avanza kembali merebutnya?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif