Blits Tempuh 1.600 KM Tanpa Kendala
Blits kini sudah sampai di Kota Bengkulu. Blits
Bengkulu: Perjalanan mobil listrik karya mahasiswa Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Blits, kini sudah sampai di Bengkulu. Bahkan perjalanan mereka sejauh 1.605 km ini terbilang mulus tanpa kendala berarti.

Pimpinan Proyek Blits, Yoga Uta Nugraha, menjelaskan perjalanan dari Surabaya, Jakarta, dan sampai di Bengkulu tidak ada permasalahan yang terlalu serius. Bahkan di perjalanan Jakarta menuju Bengkulu, mereka mendapatkan sejumlah data penting.

“Jalur Sumatera di dominasi oleh tanjakan dan turunan yang menjadi tantangan Blits, khususnya di daya tahan baterai dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan terjal. Kami juga mampu uji coba pengereman Blits saat turunan curam di jalur pegunungan di daerah Lampung. Selain itu saat turun hujan lebat di perjalanan, Blits tidak mengalami masalah berarti baik dari baterai atau perangkat mobil listrik lainnya," ujar Yoga melalui keterangan resminya.

Untuk mengisi listrik selama perjalanan, Blits singgahi berbagai Rayon PLN di Kabupaten dan Kota. Biasanya mobil listrik karya mahasiswa ini mengisi baterai selama 4-6 jam untuk bisa menempuh jarak 150-200 km.


Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, menambahakan mobil listrik ini belum bisa dikatakan bagus jika belum melewat 15 ribu km. Meski demikian, dia juga memberikan apresiasi karena perjalanan berjalan lancar dan tim mendapatkan banyak data baru sebagai input mobil.

"Dari perjalanan itu tim Blits baru mendapatkan data apa saja kekurangan dari mobil listrik ini dan akan di evaluasi kembali. Setelah itu baru tim sempurnakan Blits yang tangguh untuk siap mengikuti Reli Dakar yang merupakan Reli paling ganas di dunia,” sambut Hanggoro.

Setelah dari Bengkulu, Blits akan melanjutkan perjalanan menuju Palembnag, Padang, Medan, dan berakhir di Sabang. Jelajah Sumatera merupakan bagian awal perjalanan dari Blits berkeliling Indonesia, hingga nantinya mobil ini menyelesaikan target 15 ribu km sebagai bagian dari uji coba.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id