kehadiran New Ertiga Sport diharapkan meningkat penjualan sekitar 500 - 600 unit per bulannya. Medcom.id/Ekawan Raharja
kehadiran New Ertiga Sport diharapkan meningkat penjualan sekitar 500 - 600 unit per bulannya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Main di Segmen Padat, Sanggupkah Suzuki?

Otomotif mobil baru industri otomotif
Ekawan Raharja • 24 Maret 2019 13:34
Jakarta: Suzuki Indonesia baru saja merilis varian terbaru dan juga MPV termahal yang mereka miliki, yakni New Ertiga Sport. Merek asal Jepang ini berharap mobil barunya ini bisa mendorong penjualan mobil mereka, khususnya di segmen LMPV yang sekarang ini sedang hangat-hangatnya.
 
4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Makmur, menjelaskan dengan ada varian terbaru ini bisa meningkatkan penjualan Ertiga sekitar 20 persen. Jika sebelumnya New Ertiga ditargetkan bisa terjual 3.000 unit per bulan, maka dengan kehadiran New Ertiga Sport akan meningkat sekitar 500 - 600 unit per bulannya.
 
"Pasar LMPV di Indonesia, kami melihat masih cukup besar di tengah persaingan yang semakin ketat. Oleh sebab itu kami hanya menargetkan 20 persen dari total penjualan Suzuki Ertiga, harapan kami bisa tercapai," ujar Makmur di Kota Kasablanka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Main di Segmen Padat, Sanggupkah Suzuki?
 
Jika membandingkan dengan New Toyota Avanza yang juga baru mendapatkan penyegaran di awal 2019, target New Ertiga memang tidak sebesar New Avanza. Toyota menargetkan mantan raja LMPV tersebut bisa memasok sekitar 7.000 unit per bulan untuk penjualan di tanah air.
 
Kemudian untuk Honda Mobilio yang juga mendapatkan penyegaran di akhir Februari 2019 sudah membeberkan targetnya. Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, menargetkan sekitar 20 ribuan unit New Mobilio selama satu tahun. target ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian di 2018 yang berhasil menjual Mobilio sebanyak 24.373 unit.
 
Kembali kepada New Ertiga Sport, 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra menambahkan, mobil ini sudah tersedia di berbagai dealer resmi Suzuki. Mereka juga sudah melakukan pendistribusian sehingga konsumen tidak perlu lama menantikan jika berminat (inden).
 
Main di Segmen Padat, Sanggupkah Suzuki?
 
"Sebagian diler sudah kita distribusikan sebelum diluncurkan. Sehingga konsumen tidak perlu menunggu inden yang terlalu lama," jelasnya.
 
New Ertiga Sport menjadi MPV termahal yang dimiliki Suzuki dengan harga Rp241 juta untuk transmisi manual dan Rp251,5 juta untuk transmisi otomatisnya (on the road DKI Jakarta).
 
Membandingkan harga, New Avanza sebagai kompetitor langsung memiliki rentan harga yang lebih luas. Mobil hasil produksi pabrik Daihatsu Indonesia ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 188,6 juta hingga Rp 239,450 untuk varian Veloz 1.5 A/T (on the road Jabodetabek). Kemudian ada juga New Mobilio dengan harga mulai dari Rp 194 juta hingga Rp 248 juta (on the road Jabodetabek).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif