Pembelajaran mengenai otomotif melalui program Toyota Indonesia Academy. Toyota
Pembelajaran mengenai otomotif melalui program Toyota Indonesia Academy. Toyota

Industri Otomotif

Pengembangan Kendaraan Ramah Lingkungan Butuh Dukungan Riset

Ekawan Raharja • 22 Mei 2022 12:00
Bandung: Berbagai kendaraan ramah lingkungan, termasuk mobil listrik, terus hadir memenuhi pasar otomotif nasional. Kehadiran mobil-mobil ramah lingkungan ini tentu saja membutuhkan dukungan riset dari sumber daya manusia (SDM) agar bisa terus berkembang.
 
Toyota berinisiatif dengan memangun fasilitas xEV Center di Karawang, Jawa Barat, dan berkolaborasi dengan sejumlah instansi pendidikan di dalam negeri. Kolaborasi dengan instansi pendidikan menghasilkan seminar yang diikuti dari generasi muda serta para pengajar beberapa universitas di Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan riset.
 
Corporate Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menjelaskan tujuannya menggandeng instansi pendidikan ini untuk memberikan alternatif solusi dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuan di bidang elektrifikasi sebagai bentuk ragam pilihan teknologi Multi-Pathway, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia. Hasil riset ini nantinya diharapkan dapat juga mendorong pengembangan industri yang berkelanjutan dan kesiapan SDM yang ada.
 
“SDM Nasional baik akademisi, mahasiswa, generasi muda, dan seluruh masyarakat Indonesia memegang peranan strategis serta menjadi elemen penting di era elektrifikasi. Aktivitas seminar dan pengembangan riset dari berbagai universitas di Indonesia dapat menjadi media advokasi publik untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM secara bertahap sehingga siap berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai pemain global menuju masa depan netralitas karbon,” ujar Bob Azam melalui keterangan resminya.
 
Aktivitas seminar dan riset elektrifikasi yang merupakan rangkaian kegiatan peluncuran xEV Center sebagai fasilitas pengenalan dan pembelajaran elektrifikasi di Indonesia. Seminar ini mengangkat tema Aktivitas Riset Universitas sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi. 
 
Halaman Selanjutnya
  Seminar ini menjadi media…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif