ExxonMobil Lubricants memiliki laboratorium khusus penelitian pelumas. Exxonmobil
ExxonMobil Lubricants memiliki laboratorium khusus penelitian pelumas. Exxonmobil

Teknologi Otomotif

Pentingnya Laboratorium Lokal Khusus Pelumas

Otomotif teknologi otomotif
Ekawan Raharja • 28 Oktober 2020 17:00
Jakarta: Layanan analisis pelumas untuk para pelaku industri di tanah air semakin dibutuhkan. Kebutuhan ini dirasa penting karena mampu memonitor mesin, kondisi pelumas, serta mendeteksi terjadinya kontaminasi. Selain itu juga karena perilaku penggunaan pelumas di Indonesia terbilang ekstrim. Contohnya di segmen pelumas kendaraan, bukan hanya karena jarak, namun waktu operasional lebih lama dan temperatur juga berpengaruh.
 
Tentu dibutuhkan hasil analisis yang cepat dan akurat, untuk memberikan penanganan mesin yang tepat. Sehingga pelumas yang diproduksi berikutnya sesuai dengan kebutuhan kinerja mesin. Penggunaan pelumas untuk mesin industri pun demikian adanya.
 
Tentu tidak banyak produsen pelumas yang menghadirkan laboratoriumnya secara lokal untuk pelumas jenis ini. Salah satunya PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) yang memiliki Mobil Serv?, sebuah layanan analisis pelumas yang dirancang mendukung para pelaku industri dalam mengoptimalkan pelumasan dan kinerja mesin yang digunakan. Kini menghadirkan lokal laboratorium Mobil Serv?Lubricants Analysis (MSLA) di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manfaatnya memang terbilang lebih ke segmen B2B, namun tujuan akhirnya tentu memperkuat produktivitas, misalnya seperti di pabrik komponen kendaraan.
 
“Kami berharap kebutuhan akan analisis pelumas dapat dipenuhi dengan cepat dan akurat, sehingga dapat menangkap lebih banyak peluang, membantu dalam mencapai puncak produktivitas dan membedakan diri kita dengan lebih baik dari para pesaing,“ ucap Engineering Services General Manager PT EMLI, Lukman Hakim, melalui keterangan resminya.
 
Selain itu, keunggulan lain yang dapat dirasakan adalah hasil analisis lebih terjangkau dan praktis, karena hasil langsung dikirim dari lokal laboratorium yang berada di Jakarta. Hasil analisis yang diberikan, diharapkan mampu membantu para pelaku industri dalam pemeliharaan preventif, sehingga dapat menghemat biaya peralatan dan kegagalan komponen yang akan terjadi.

 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif