Nissan membantah akan melepas saham kepemilkan mereka di Mitsubishi. Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi
Nissan membantah akan melepas saham kepemilkan mereka di Mitsubishi. Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi

Industri Otomotif

Rencana Nissan Lepas Saham Mitsubishi, Gupta: Tidak Ada Pembahasan

Otomotif mitsubishi industri otomotif nissan renault
Ekawan Raharja • 18 November 2020 11:00
Tokyo: Sejumlah Rencana Nissan dan aliansinya untuk mengembalikan keuntungan perusahaan sudah dipersiapkan. Dari sejumlah rencana yang sudah dirancang oleh Jenama asal Jepang itu, beredar kabar kemungkinan untuk melepas saham mereka di Mitsubishi.
 
Nissan memiliki opsi untuk melepas sebagian atau sepenuhnya saham mereka di pabrikan berlogo tiga berlian tersebut. Tentu saja apabila hal ini terjadi, maka akan ada perubahan bentuk aliansi antara Renault, Nissan, dan Mitsubishi.
 
Cara ini bisa menjadi cara untuk meminimalisir perkiraan kerugian operasional Nissan sebesar 28 persen di akhir tahun fiskal 2020-2021. Sedangkan bagi Mitsubishi, mereka juga memperkirakan kerugian operasional mencapai JPY140 miliar atau setara Rp18 triliun.
 
Apabila skema ini berjalan, maka kemungkinan yang bisa saja terjadi adalah menjual kepada anak usaha grup Mitsubishi, seperti Mitsubishi Corp, yang memiliki memiliki seperlima saham Mitsubishi Motors.
 
Hal ini kemudian lekas dibantah oleh Nissan bahwa hal tersebut tidak ada dalam rencana. "Tidak ada rencana untuk mengubah struktur modal dengan Mitsubishi," melalui sebuah pernyataan resmi Nissan kepada Reuters.
 
Di kesempatan yang berbeda, Chief Operating Officer dan Chief Performance Officer Nissan Motor, Ashwani Gupta, menegaskan tidak ada pembahasan mengenai rencana melepas saham mereka di Mitsubishi. Hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa aliansi tiga merek tersebut akan tetap bersama dan kompak.
 
“Kami sama sekali tidak sedang berdiskusi atau mempertimbangkan untuk mengubah struktur permodalan di perusahaan mitra kami. Kami bergerak maju dengan banyak proyek,” tandas Ashwani dalam sebuah wawancara di telekonferensi Reuters Automotive Summit yang dilaporkan Reuters.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Mitsubishi bahwa skema itu tidak dalam rencana. Mereka juga menyatakan akan terus berkolaborasi dengan aliansi.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif