Difabel binaan Dinas Sosial Jabar membuat masker kain. Medcom.id/Roni K
Difabel binaan Dinas Sosial Jabar membuat masker kain. Medcom.id/Roni K

Industri Otomotif

Menanti Cetak Biru Ventilator, Suzuki akan Produksi Masker Dulu

Otomotif industri otomotif Virus Korona suzuki mobil virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 08 April 2020 15:04
Jakarta: Sejumlah merek otomotif kini sedang menanti cetak biru untuk memproduksi ventilator di pabrik masing-masing. Namun sebelum itu siap untuk diproduksi, Suzuki memiliki inisiatif untuk memproduksi alat kesehatan lainnya.
 
General Manager Head of PR and Digital Strategic Planning Department Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales, Rudiansyah,menjelaskan perusahaanya memiliki inisiatif untuk memproduksi masker di pabrik mereka. Sayangnya untuk rencana ini masih digodok di kalangan internal sehingga untuk detailnya belum bisa diumumkan.
 
"Pabrik Suzuki bisa dan akan memproduksi masker dari kain untuk seluruh karyawan, kemudian akan dibagikan juga kelingkungan pabrik. Belum ada detail unit jumlah masker," ucap Rudiansyah beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian ketika menyinggung mengenai imbauan pemerintah kepada produsen otomotif memproduksi ventilator, Pria dengan satu anak ini belum bisa memberikan komentar yang pasti. Mengingat untuk hal ini, Suzuki masih menunggu cetak biru dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.
 
"Rasanya semua agen pemegang merek (APM) akan seragam respon ini bagian dari kontribusi.Memang benar kita tunggu teknisnya, kita menunggu, kita siap berpartisipasi," sambung Rudiansyah.
 
Hal ini rasanya selaras dengan ucapan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, yang mengakui perusahaan siap untuk membantu memproduksi alat bantu pernapasan tersebut. Hanya saja hingga saat ini masih menantikan cetak biru dan teknik untuk memproduksi ventilator.
 
Sebelumnya, Kementerian Perindustrian mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi virus korona di Tanah Air. Ternyata, industri otomotif di Indonesia menyanggupinya selayaknya sejumlah produsen otomotif lainnya di luar negeri yang sanggup memproduksi ventilator.
 
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, menyebutkan sudah ada industri otomotif yang siap memenuhi permintaan pemerintah tersebut. Jadi selain memproduksi mobil dan sepeda motor, sejumlah pabrik otomotif sanggup memproduksi ventilator.
 
“Kami memberikan apresiasi kepada pelaku industri yang menyambut baik terhadap upaya kemanusiaan ini. Semoga produksi ventilator nantinya bisa menjadi solusi untuk mempertahankan kinerja sektor otomotif di tengah kondisi sulit sekarang,” tutur Putu Juli Ardika melalui keterangan resminya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif