Perhatikan daya listrik di rumah dan harga untuk memasang pencatu daya pribadi di rumah. Medcom.id/Ekawan Raharja
Perhatikan daya listrik di rumah dan harga untuk memasang pencatu daya pribadi di rumah. Medcom.id/Ekawan Raharja

Segini Harga untuk Memasang Pencatu Daya Mobil Listrik di Rumah

Otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 12 September 2019 14:59
Jakarta: Bagi pemilik mobil listrik, ketersediaan lokasi pengecasan menjadi perhatian penting dan penyediakan pencatu daya pribadi di rumah bisa menjadi salah satu solusi. Ketika memasang pencatu daya pribadi di rumah, tentu harus memperhatian kapasitas listrik di rumah dan mempersiapkan dana pemasangannya.
 
Offer Marketer PT Schneider Indonesia, Frankco Nasarino Nainggolan, menjelaskan soal harga pencatu daya ini tergantung model dan dayanya. Untuk di rumah, dia menyarankan konsumen end-user memasang model wallbox dengan daya 7.000 Watt.
 
"Untuk pengisian mobil listrik lima penumpang, cocoknya 7.000 Watt dan bisa mengecas bisa 6 jam (sampai baterai penuh). Harganya belasan sampai dua puluh juta rupiah," ujar Frankco Nasarino Nainggolan Rabu (12/9/2019) di JIEXpo Kemayoran Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk urusan kapasitas di rumah, pemilik mobil harus bisa memperkirakan penggunaan rata-rata di rumah dan alat yang akan digunakan. Tentunya dengan daya listrik 3,7 kW akan menyebabkan listrik rumah mati ketika dalam jam sibuk penggunaan listrik. Namun biasanya pengisian mobil listrik di rumah dilakukan pada jam istirahat.
 
"Kalau 3,700 watt (pencatu daya reguler), dia harus memperhitungkan penggunaan rumah berapa watt. Misalnya harian 2.000 Watt plus 3.700 Watt, jadi 5000 Watt sementara charging mobil listrik jam 10 malam ke atas. Jadi cukup tambah satu kW saja," papar pria yang disapa Rino ini.
 
Setelah memastikan ketersediaan energi listrik, di rumah harus menambahkan meter pengukur. Ini diperlukan untuk mengetahui berapa daya yang dikeluarkan untuk mengisi tenaga mobil listrik. "Ada sedikit modifikasi yaitu pasang meter di rumah untuk mengetahui berapa penggunaan supaya bisa di-input ke untuk manajemen energi tersebut," lanjutnya.
 
Selain Schneider Electric, beberapa produsen pencatu daya mobil listrik juga sudah mulai memperkenalkan produknya masing-masing. Seperti contoh ABB dan juga Bosch yang menawarkan teknologi serupa untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik di tanah air.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif