Wajib Euro4, Mesin Panther Baru Berbasis MU-X?
Isuzu Indonesia masih mempertahankan mesin 4JA1 2.500 cc di Panther. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan per 7 Oktober 2018 meminta seluruh kendaraan roda empat atau lebih sudah berstandar emisi Euro2. Tentu saja peraturan ini harus dipenuhi oleh semua produsen mobil, termasuk Isuzu yang juga masih memproduksi Panther, MU-X, hingga Dmax.

Permintaan pemerintah tentu menjadi sinyal lampu kuning bagi Panther yang sudah lama tidak mengalami perubahan. MPV legendaris ini masih mengusung mesin 4JA1 2.500 cc yang belum berstandar Euro4.

Chief Operating Officer PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Harry Kamora, mengakui mesin yang digunakan Panther hingga saat ini masih berstandar Euro 2. Hal ini dikarenakan mesin yang ada saat ini masih diterima oleh pasar dan diakui kemampuannya.



Mesin Isuzu MU-X sudah menggunakan teknologi commonrail. Medcom.id/Ekawan Raharja

"Kalau mesin Panther, mengingat masih dibutuhkan di pasar, masih ada, masih bisa dipakai, serta tidak ada keluhan yang berarti maka kita pakai," ujarnya di Al-Jazeerah Siganture Jakarta.

Meski demikian dia menekankan Isuzu siap untuk menghadapi standar emisi Euro 4. Mengingat Isuzu merupakan produsen mesin diesel pertama yang sudah menggunakan teknologi commonrail dan cocok dengan Euro 4.

Ada kemungkinan Panther mencaplok mesin 2.500 cc commonrial yang digunakan di MU-X. Mengingat keduanya menggunakan kubikasi yang sama, dan bisa digunakan untuk Euro 4.

"Kalau saya melihat dari mesin, Panther kita 2.500 cc dan yang ada di MU-X 2.500 cc. Kurang lebih sama kalau mengacunya ke sana tapi apa yang menjadi kebijakan Isuzu (pusat) akhirnya kita masih tunggu," beber Harry Kamora.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360