Honda Brio menjadi penopang utama penjualan Honda di Indonesia. Honda
Honda Brio menjadi penopang utama penjualan Honda di Indonesia. Honda

Industri Otomotif

Bermodalkan Mobil Rp 146 Juta, Penjualan Honda Terus Melejit

Otomotif industri otomotif honda mobil
Ekawan Raharja • 14 Oktober 2020 09:00
Jakarta: Memasuki akhir kuartal ketiga tahun 2020 pada bulan September lalu, pasar otomotif Indonesia masih terdampak dari pembatasan aktivitas konsumen dan tekanan ekonomi akibat pandemi. Meskipun demikian, penjualan Honda menunjukkan tren positif dengan angka retail yang terus meningkat selama 4 bulan terakhir.
 
Sepanjang bulan September lalu, Jenama Jepang ini membukukan penjualan retail sebanyak 5.835 unit secara nasional, atau meningkat 20 persen dibanding penjualan bulan sebelumnya. Secara total, penjualan rival Toyota, Suzuki, dan Daihatsu ini telah terkumpul sebesar 55.548 unit sepanjang tahun 2020.
 
Brio kembali menjadi tulang punggung utama dengan menyumbangkan kontribusi 62 persen dengan penjualan 3.622 unit, sekaligus menjadikannya model dengan penjualan tertinggi di Indonesia di bulan September lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila dirinci lebih jauh versi low cost green car, Brio Satya, menjadi model dengan penjualan tertinggi dengan total 2.507 unit, meningkat 33 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan Brio RS juga meningkat sebesar 80 persen dari 621 unit menjadi 1.115 unit di bulan September lalu.
 
Model-model lainnya juga menunjukkan tren penjualan yang positif, seperti Mobilio juga membukukan penjualan total sebesar 526 unit, meningkat 29 persen dari bulan Agustus yang tercatat sebesar 408 unit. HR-V 1.5L terjual sebanyak 773 unit, meningkat 3 persen dari bulan sebelumnya yang terjual sebesar 751 unit, Civic Sedan yang terjual 43 unit meningkat 39 persen dari bulan sebelumnya yang terjual 31 unit, dan Odyssey yang terjual 13 unit di bulan September, meningkat dari bulan sebelumnya yang terjual 4 unit.
 
Selain itu, Jazz juga turut berkontribusi dalam penjualan di bulan September dengan menyumbangkan penjualan sebesar 328 unit, CR-V terjual sebanyak 253 unit, BR-V terjual sebesar 154 unit, Civic Hatchback terjual sebesar 87 unit, City terjual sebesar 18 unit, Accord terjual sebesar 17 unit, dan HR-V 1.8L terjual sebanyak 1 unit.
 
“Kami bersyukur Honda dapat mempertahankan tren penjualan yang positif dalam kondisi pasar yang masih belum stabil di kuartal ketiga tahun ini. Pencapaian tersebut didukung oleh aktivitas ekonomi yang mulai berjalan secara bertahap serta kemudahan konsumen melakukan pembelian melalui lembaga pembiayaan dan berbagai program penjualan yang kami tawarkan," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, melalui keterangan resminya.
 
Selain itu, Billy juga menjamin mereka akan terus memaksimalkan kondisi di tiga bulan terakhir tahun 2020. "Tentunya kami akan terus memonitor perkembangan kondisi di kuartal terakhir tahun ini dan berharap stabilitas pasar dan ekonomi akan terus terjaga.”
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif