All New Brio resmi diekspor ke Vietnam dan Filipina. medcom.id/Ahmad Garuda
All New Brio resmi diekspor ke Vietnam dan Filipina. medcom.id/Ahmad Garuda

All New Brio Siap Ekspansi ke Filipina dan Vietnam

Otomotif mobil baru honda mobil
M. Bagus Rachmanto • 26 Maret 2019 14:37
Karawang: Setelah Toyota, Mitsubishi dan Suzuki, kini giliran PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk memulai ekspor mobilnya mobil secara utuh/completely built up (CBU), yakni All New Brio.
 
Di pabrik keduanya di Karawang, Jawa Barat, HPM mengklaim telah meningkatkan kandungan lokalnya hingga mencapai 89 persen pada 2019, di mobil yang diproduksinya. Mobil yang lahir di pabrik ini diantaranya Honda Brio, Mobilio, BR-V, Jazz, HR-V dan CR-V.
 
Maka tak heran jika HPM kini memperluas jangkauan pasarnya hingga ke negara manca negara. Filipina dan Vietnam disebut sebagai negara pertama yang bakal disasar HPM untuk mengekspor All New Honda Brio.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chief Operating Officer for Regional Operatioms (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd. Masayuki Igarashi mengatakan, Indonesia telah menjadi kontributor utama penjualan Honda di wilayah Asia dan Oceania. "Untuk kami telah meningkatkan investasi melalui pembangunan berbagai fasilitas serta memproduksi beberapa model yang dikembangkan khusus untuk konsumen Indonesia."
 
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyambut baik rencana HPM yang akan memulai ekspor All New Honda Brio. Dia berharap kandungan lokal yang semakin tinggi bisa menjadi kunci daya saing.
 
"Ekspor bagian dari program unggulan pemerintah. Brio lahir di Indonesia, karena volume dan diterima oleh konsumen dalam negeri, maka Brio bisa ekspor ke Filipina dan Vietnam. Artinya komponen di sini punya daya saing untuk manca negara," pungkas Airlangga yang hadir di acara Seremoni Produksi Perdana All New Honda Brio untuk pasar ekspor, di pabrik PT HPM Karawang, Jawa Barat, 26 Maret 2019.
 
Honda Brio pertamakali diperkenalkan pada 2012 sebagai generasi pertama. Disusul generasi kedua yang hadir dengan sejumlah ubahan di bagian sasis, body, dimensi, dan perbaikan performa menjadi poin untuk pengembangan mobil mungil ini.
 
Tentu saja kelak ekspor ini akan menambah nilai ekspor otomotif tanah air. Mengingat Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Honda sepeda motor, Yamaha, atau juga TVS sudah melakukan ekspor dan menjadi salah satu basis produksi global.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif