Industri Otomotif

Mitsubishi Thailand Sukses Lahirkan 5 Juta Mobil

Ainto Harry Budiawan 07 Juni 2018 15:10 WIB
mitsubishi
Mitsubishi Thailand Sukses Lahirkan 5 Juta Mobil
Mitsubishi Thailand Capai produksi lima juta unit. MMC
Bangkok: Mitsubishi Motor Corporation (MMC) mengumumkan kinerja mereka di Thailand, yang telah mencapai angka produksi lima juta unit. Produksi mobil cap tiga berlian itu dilakukan di pabrik mereka di Laem Chabang.

Pajero Sport jadi model yang kelima juta yang dirakit di sini. Sejumlah mobil rakitan Mitsubishi Thailand juga ada yang didatangkan untuk pasar Indonesia, Mirage contohnya, sebelumnya juga Pajero Sport sebelum dipindah ke Cikarang, Jawa Barat.

"Kami selalu yakin akan potensi pertumbuhan pasar domestik Thailand. Kebijakan jangka panjang pemerintah Thailand untuk pertumbuhan industri otomotif juga merupakan pertanda baik untuk bisnis kami," kata Osamu Masuko, CEO MMC dalam keterangannya.

Fasilitas Mitsubishi di Laem Chabang merupakan yang terbesar selain di Jepang, pabrik tersebut mampu memproduksi 424 ribu mobil tiap tahunnya, dengan tujuan ekspor lebih dari 120 negara. Hasil produksinya menunjang pertumbuhan perusahaan di wilayah ASEAN dan internasional.


Pabrikan asal Jepang ini menjejakkan kaki pertama kali di Thailand tahun 1961 dan pertama kali mencapai produksi satu juta unit pada 2003. Sedangkan jumlah produksi dua juta unit berhasil dicapai pada 2010 dan hanya dalam waktu tiga tahun, mencapai tiga juta unit di 2013.

Mitsubishi Thailand saat ini mengoperasikan tiga pabrik di Laem Chabang. salah satu pabriknya fokus dalam memproduksi truk pikap dengan kapasitas satu ton. Produk tersebut tergabung dalam 'Thailand Product Champion' yang pertama, untuk mendorong dan menetapkan Thailand sebagai pusat produksi dan basis ekspor untuk truk pikap.



(UDA)