Filter Kurumaku yang dikembangkan oleh Honda untuk membunuh virus jahat. Honda
Filter Kurumaku yang dikembangkan oleh Honda untuk membunuh virus jahat. Honda

Teknologi Otomotif

'Masker' Honda Tangkal Virus Jahat

Otomotif teknologi otomotif honda mobil covid-19
Ekawan Raharja • 05 Januari 2021 12:00
Tokyo: Pandemi Covid-19 yang ada sekarang ini membuat produsen otomotif berinovasi menghasilkan teknologi yang bisa menunjang kesehatan para penumpangnya. Tidak sedikit yang mengembangkan filter sampai pembersih udara yang bisa disematkan di mobil.
 
Honda tidak mau kalah dengan menghadirkan inovasi berupa 'masker mobil' yang diberi nama Kurumaku. Masker yang dimaksud ini bukan masker yang ada di meme-meme, berupa masker yang menutupi grill mobil. Namun ini adalah bagian dari filter udara kabin, posisinya berada di atas filter udara kabin yang berfungsi untuk mencegah penyebaran virus.
 
Sejumlah merek seperti Geely juga mengembangkan filter udara mobil yang memiliki kemampuan seperti masker CN95. Filter yang digunakan ini biasanya diklaim mampu mencegah masuknya virus dan partikel lain yang lebih besar dari 0,3 mikron.
 
Berbeda dengan filter Kurumaku yang memiliki kemampuan yang lebih canggih mulai dari menangkap virus dan kemudian menghilangkannya. Kurumaku menggunakan konversi kimiawi zinc phosphate yang juga digunakan untuk mencegah karat pada mobil. Nah teknologi ini dipercaya dapat menghilangkan 99,8 persen virus yang mengambang di dalam mobil dalam waktu 15 menit setelah mengaktifkan resirkulasi udara kabin. Virus pada permukaan, sebaliknya, dapat dibersihkan dalam waktu 24 jam.
 
Perlu diingat bahwa yang namanya filter udara maka tergolong kepada komponen habis pakai (fast moving component). Kurumaku memiliki massa pakai setiap 15.000 kilometer atau diganti setiap tahun.
 
Halaman Selanjutnya
  Sekarang ini, Kurumaku baru…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif