Rio Haryanto resmi umumkan kembali balapan. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Rio Haryanto resmi umumkan kembali balapan. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Rio Haryanto Comeback ke Lintasan Balap

Otomotif balap mobil
M. Bagus Rachmanto • 22 Maret 2019 13:45
Jakarta: Setelah dua tahun absen di ajang balap mobil, akhirnya mantan pembalap F1 Rio Haryanto kembali merasakan panasnya lintasan sirkuit. Ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/2020 menandai comeback Rio ke balapan, dengan bergabung dalam tim balap T2 Motorsports yang berbasis di Singapura.
 
Kali ini, Rio akan balapan mobil kelas GT atau turing. Berbagi tugas dengan pembalap Indonesia lainnya, yakni David Tjiptobiantoro, Rio bakal menunggangi mobil balap Ferrari 488 GT3.
 
"Cukup lama saya menunggu untuk bertemu dengan T2 Motorsport, setalah 2 tahun tidak ada pemberitaan tentang saya di balap. Target dan tantangannya sangat besar di Le Mans, karena kita ingin menang dan bisa masuk di Le Lans," kata Rio saat press conference T2 Motorsport, di Jakarta, 22 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rekan satu timnnya David mengatakan, kedua ajang ini sangat penting bagi T2 Motorsport agar bisa maju ke ajang yang lebih tinggi dan bergengsi, yakni Le Mans 24 Hours pada 2020, dengan membawa bendera Indonesia.
Rio Haryanto Comeback ke Lintasan Balap
Team Principal T2 Motorsport, Irmawan Poedjoadi mengungkapkan, pihaknya akan memboyong Ferarri 488 GT3. Kata Irmawan, saat ini mobil yang telah terdaftar dan bakal pesaing Ferarri 488 GT3 di Blancpain GT World Challenge Asia 2019 adalah McLaren 720S GT3, audi R8 LMS GT3 Evo, Honda NSX GT3 Evo, Lamborghini Huracan GT3 Evo, Porsche 911 GT3 R dan Mercedes-AMG GT3.
 
Rio dijadwalkan akan balapan di enam seri. Pembukaan Blancpain GT World Challenge Asia 2019 berlangsung pada 6-7 April di Sepang international Circuit, Malayasia. Kemudian di Chang International Circuit, Tahilan 11-12 Mei, suzuka International Circuit, Jepang 22-23 Juni, Fuji Speedway, Jepang 6-7 Juli, Korea International Circuit, Korea 2-4 Agustur dan Shanghai International Circuit, Tiongkok 27-28 September.
 
Seperti diketahui ajang balap ini adalah sebuah ajang ketahanan dan balapan maka setiap mobil dibutuhkan minimal dua pembalap. Setiap pembalap tidak hanya membalap untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk tim dan rekan satu mobilnya, yang bergantian setiap sepuluh menit sekali di area pitstop. Jika seorang pembalap melakukan kesalahan, akibatnya tim harus tersingkir dari balapan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif