Lalu Lintas

Lebih 1,4 Juta Orang Pemudik Diprediksi Padati Tol

Ekawan Raharja 08 Juni 2018 12:32 WIB
lalu lintas
Lebih 1,4 Juta Orang Pemudik Diprediksi Padati Tol
Jasa Marga sudah melakukan persiapan untuk musim mudik 2018. doc Medcom.id
Jakarta: PT Jasa Marga terus melakukan persiapan guna menghadapi pemudik di 2018. Mereka memperkirakan lebih dari 1,4 juta orang pemudik akan melintas di jalan tol.

Perusahaan pelat merah ini menghitung bakal ada kenaikan 3 persen pemudik dibandingkan 2017 atau sekitar 1,442 juta orang. Jika dibandingkan dengan 2017, tercatat 1,4 juta orang mudik melalui jalan tol dengan berbagai arah.

Menurut keterangan resminya, diperkirakan 54 persen pemudik akan melintas melalui ruas tol Jakarta-Cikampek, ruas tol Jagorawi sekitar 18 persen, dan melalui ruas tol Jakarta-Tangerang sekitar 28 persen.

Sejumlah strategi sudah dipersiapkan untuk menghadapi arus mudik dan arus balik mudik tahun ini. Mulai dari penambahan konsesi jalan tol beroperasi dengan total panjang jalan 735 kilometer, kemudian pemanfaatan beberapa proyek tol yang dijadikan tol fungsional, penambahan beberapa gardu tol untuk melancarkan transaksi, dan beberapa strategi lainnya.


Selain itu untuk meminimalisir gangguan lalu lintas, Jasa Marga akan menghentikan pekerjaan proyek mulai dari H-10 hingga H+10 lebaran, pengaturan waktu operasi angkutan barang oleh Kementerian Perhubungan pada H-3 hingga H-1 dan H+6 hingga H+8 lebaran, serta percepatan penanganan gangguan lalu lintas dengan menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan dan menambah sejumlah kendaraan layanan lalu lintas (layanan Jalan Tol, patroli roda dua, PJR, ambulans, derek, rescue dan alat berat Crane).

Adapun peningkatan pelayanan bagi para pengguna jalan tol dari sisi distribusi informasi, Jasa Marga telah menyiapkan 770 unit CCTV, 120 unit Variable Message Sign (VMS) di jalur serta akses masuk jalan tol, 11 VMS dilengkapi CCTV untuk monitoring dan pengendalian parkir di rest area, 23 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), dan 2 unit Videotrone Rest Area.

Di sisi kenyamanan, pelayanan di rest area juga ditingkatkan. Jasa Marga telah menyiapkan 25 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 7 Tempat Istirahat (TI), 14 Parking Bay, dan 21 Tempat Istirahat Sementara (TIS) di seluruh ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga maupun kelompok usahanya.



(UDA)