Ilustrasi Tesla melakukan pengecasan baterai. Tesla
Ilustrasi Tesla melakukan pengecasan baterai. Tesla

Kendaraan Listrik

Kemenperin Siapkan Peraturan Baru Mengenai Kendaraan Listrik, Soal Apa?

Otomotif mobil listrik motor listrik Kementerian Keuangan Kementerian Perindustrian regulasi otomotif Kendaraan Listrik
Ekawan Raharja • 07 Desember 2021 15:00
Jakarta: Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air dengan berbagai cara dan menggandeng berbagi pihak. Kementerian Perindustrian sedang menggodok peraturan baru untuk menyempurnakan peraturan kendaraan listrik yang sudah ada sekarang.
 
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Sony Sulaksono, mengatakan pemerintah mendukung penuh ekosistem kendaraan listrik untuk berkembang lebih pesat lagi di masa depan. Kemenperin bahkan bakal mengeluarkan aturan baru untuk mengganti Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 27 Tahun 2020 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).
 
"Dengan ada kebijakan peta jalan industri KBLBB dan relaksasi penghitungan TKDN diharapkan dapat mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," kata Sony melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Oza Olavia, menyatakan pemerintah akan mengkaji usulan tersebut. Menurutnya, Kemenkeu terbuka terhadap masukan untuk mendorong peralihan penggunaan mobil yang lebih ramah lingkungan. 
 
"Pasti kami di Kementerian Keuangan selalu akan melihat segala macam kondisi," ujarnya. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif