Ilustrasi mobil lisrik. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi mobil lisrik. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Melesat di Tahun 2020

Otomotif toyota industri otomotif mobil listrik
Ekawan Raharja • 20 Januari 2021 15:00
Jakarta: Di tengah kondisi pandemi yang cukup menantang di sepanjang tahun 2020, penjualan mobil di Indonesia terbilang sangat terdampak dan mengalami penurunan. Hanya saja di sela-sela tersebut, tahun 2020 termasuk ke dalam tahun yang baik untuk penjualan mobil listrik di Tanah Air.
 
Toyota Indonesia mengumumkan secara keseluruhan penjualan ritel mereka di tahun 2020 mencapai 182.665 unit dengan market share di level 31. Meski secara total penjualan turun dibandingkan tahun 2019, namun untuk penjualan mobil listrik terus mengalami pertumbuhan.
 
Sekarang ini Jenama asal Jepang itu menawarkan 10 model mobil listrik yang terdiri atas 8 mobil hybrid, 1 mobil plug-in hybrid, dan 1 mobil full listrik (Battery Electric Vehicle/BEV). Secara total sejak awal diperkenalkan tahun 2009 hingga Desember 2020, TAM berhasil membukukan penjualan ritel kendaraan elektrifikasi lebih dari 3.400 unit.
 
Data yang mereka miliki juga menunjukan tren mobil listrik setiap tahunnya terus meningkat. Tahun 2009, rata-rata penjualan ritel elektrifikasi hanya dua unit per bulan. Di 2015, meningkat menjadi rata-rata 15 unit per bulan. Sementara di tahun 2020, meningkat signifikan menjadi rata-rata 86 unit per bulan.
 
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menilai masyarakat Indonesia semakin menerima akan teknologi kendaraan listrik. Hal ini juga tidak terlepas dari strategi menghadirkan lini kendaraan listrik yang lengkap, untuk memenuhi berbagai model, harga, dan kebutuhan.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif