Kubota X Tractor AI Robot Concept. Carscoops
Kubota X Tractor AI Robot Concept. Carscoops

Teknologi Otomotif

Traktor Listrik Otonom 'Kubota X Tractor AI Robot Concept'

Otomotif teknologi otomotif
M. Bagus Rachmanto • 31 Januari 2020 14:58
Jepang: Teknologi semakin maju dengan sangat cepat dan berdampak pada semua aspek kehidupan manusia. Kemajuan teknologi memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang, termasuk berbagai sektor industri, otomotif salah satunya.
 
Dilansir Carscoops, dalam beberapa tahun ke depan, sektor pertanian juga akan lebih maju dan nmengalami perubahan dengan memanfaatkan teknologi terkini, seperti yang dilakukan produsen traktor Jepang, Kubota dengan memperkenallkan Kubota X Tractor AI Robot Concept.
 
Memulai debutnya di sebuah pameran di Kota Kyoto, Jepang bulan ini, kehadiran Kubota X Tractor AI Robot Concept sekaligus untuk menandai perayaan hari jadi Kubota ke-1300, dengan mengungkapkan konsep smart X Tractor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disebutkan, Kubota X Tractor AI Robot Concept merupakan traktor listrik otonom untuk membajak sawah dan membantu tugas petani di ladang. Traktor yang sepenuhnya otonom ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan.Sementara powertrain listrik dipadukan dengan motor in-wheel, kombinasi baterai lithium-ion dan baterai surya.
 
Kubota mengklaim sebagai salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi pintar ke dalam bisnis pertanian, yang bertujuan untuk mengatasi masalah petani modern seperti kekurangan tenaga kerja dan efisiensi operasi yang rendah.
Traktor Listrik Otonom 'Kubota X Tractor AI Robot Concept'
Menurut perusahaan Jepang, Kubota X Tractor AI Robot Concept terbaru mereka dapat berooperasi tanpa bantuan manusia (otonom). Desain rodanya seperti yang ada di kendaraan tempur tank, dengan kemampuan menembus segala medan jalan dan tidak rata. Ketinggian trkator dapat diatur atau diturunkan sesuai dengan kondisinya.
 
Jika diperlukan lebih banyak traksi, suspensi Kubota X Tractor AI Robot Concept akan turun secara otomotis untuk menurunkan pusat gravitasi. Sementara saat beroperasi di atas tanaman, traktor akan menyuesuaikan ketinggian ground clearance dan suspensi akan meningkat.
 
Motor pennggerak belakang yang ditenagai powertrain listrik memungkinkan Kubota X Tractor AI Robot Concept dapat mengubah kecepatan keempat crawler untuk mengurangi radius putaran traktor otonom, membuatnya lebih mudah untuk bermanuver di berbagai jenis lahan.
 
Modernisasi ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus menekan biaya produksi. Sementara kita cenderung fokus pada kendaraan penumpang, teknologi penggerak otonom diharapkan mengubah banyak sektor di seluruh industri, termasuk truk, konstruksi, dan tentu saja pertanian.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif