Suzuki Vitara. Carscoops
Suzuki Vitara. Carscoops

Suzuki Siapkan Vitara dan Swift Bertenaga Hybrid

Otomotif teknologi otomotif
M. Bagus Rachmanto • 16 Desember 2019 10:44
Jepang: Produsen otomotif dunia terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik. Tak terkecuali Suzuki yang bakal memperkenalkan powertrain hybrid dengan pengisian daya 48 volt pada tahun depan, pada sejumlah model diantaranya, Suzuki Swift Sport, Suzuki Vitara dan SX4 S-Cross.
 
Pabrikan asal Jepang tersebut mengklaim bahwa powertrain hybrid baru mereka akan menawarkan penurunan emisi 20 persen lebih rendah, serta mampu meningkatkan torsi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit 15 persen.
 
Powertrain hybrid 48 volt baru akan secara langsung menggantikan mesin Boosterjet 1,4 liter, diklaim akan menawarkan tenaga lebih besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansri Carscoopc, powertrain yang baru dikembangkan dan dirancang dengan bobot yang ringan, dan disebut berkurang 15 kilogram dari model sebelumnya. Powertrain ini terdiri dari baterai lithium-ion 48 volt, generator starter terintegrasi (ISG) dan konverter 48V-12V. Sistem akan dipadukan ke mesin Boosterjet K14D baru, versi perbaikan model lawas.
 
ISG digerakkan oleh sabuk dan akan membantu mesin bensin dengan torsi ekstra dari putaran rendah hingga 235 Nm dari 2.000 rpm. Baterai, bersama-sama dengan unit konverter akan ditempatkan di bawah kursi depan untuk distribusi bobot yang lebih baik. Sistem hybrid pengisian daya 48V mendatang juga akan dapat menggunakan daya listrik sendiri pada kecepatan kota di bawah 16 km/jam untuk lebih meningkatkan konsumsi bahan bakar.
 
Rencananya Suzuki akan mengumumkan semua detail dan spesifikasi versi hybrid 48-volt baru dari Swift Sport, Vitara dan S-Cross sebelum peluncuran mereka di Eropa, yang dijadwalkan pada Maret 2020.
 
Pabrikan mobil Jepang lainnya yang juga mengembangkan teknologi hybrid pada kendaraannya, yakni toyota. Toyota menyebut teknologi Toyota Hybrid System (THS), Prius menjadi kendaraan Elektrik-Hybrid pertama di dunia, dan telah menjelma menjadi duta kendaraan ramah lingkungan dengan energi efisien di seluruh dunia.
 
Teknologi THS telah berkembang menjadi generasi ke-4 dengan peningkatan efisiensi bahan bakar mencapai 25% dari generasi sebelumnya pada angka 40,8 km/liter. Lewat Hybrid, Toyota mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada konsumen, seperti Prius Hybrid, Camry Hybrid, dan C-HR Hybrid.
 
Sementara pabrikan mobil Korea, Kia Motors telah memperkenalkan mesin diesel hybrid ringan 48V pertama pada semester kedua 2018. Teknologi penggerak yang dinamai EcoDynamics+ itu diklaim mampu mengurangi emisi CO2 dengan menambah akselerasi dengan tenaga listrik dari baterai 48 volt tambahan dan memperpanjang waktu off time pembakaran menggunakan unit starter generator ringan hibrida yang baru.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif