Toyota Sudah Ekspor Kijang Sejak 1987
Ekspor kendaraan utuh Toyota sudah tembus satu juta unit. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Toyota sudah hadir di Indonesia sejak 50 tahun. Sejak itu pula, pabrikan nomor satu di Indonesia ini terus mengembangkan industrinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan juga luar negeri.

Berbicara ekspor, saudara dari Daihatsu ini sudah mulai ekspor sejak 1987. Di awal dengan ekspor perdana 50 unit Toyota Kijang dalam bentuk utuh (completely build up/CBU) ke Brunei Darussalam.

Sejak pengapalan perdana hingga September 2018, total volume CBU yang telah diekspor ke mancanegara lebih dari 1,4 juta unit. Tidak hanya berupa CBU, Toyota juga mengekspor kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD), mesin utuh tipe TR dan NR, komponen kendaraan, serta alat bantu produksi berupa die (alat bantu dalam proses pengepresan) dan jig (alat bantu dalam proses pengelasan) yang sekaligus menunjukan tingkat kedalaman industri TMMIN.

"Keberhasilan ekspor Kijang Innova ini membuka jalan bagi model-model CBU bermerek Toyota lainnya yaitu Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, Town Ace/ Lite Ace baik yang diproduksi di fasilitas manufaktur TMMIN maupun di PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai bagian dari grup Toyota di Indonesia untuk juga dapat merambah pasar global melalui upaya-upaya ekspansi ekspor,” ungkap Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, melalui keterangan resminya.


Sebagai salah satu dari basis produksi Toyota di kawasan Asia Pasifik, membuat pabrik yang ada di Indonesia berkontribusi akan tiga hal. Pertama pemenuhan produksi di dalam negeri, berkontribusi pada kinerja ekspor otomotif Indonesia, hingga sebagai pemasok komponen kendaraan lokal dan ekspor.

Pemerintah pun mengakui performa pabrikan asal Jepang ini dengan memberikan gelar Primaniyarta Award 2018. Sebuah gelar penghargaan tertinggi di bidang ekspor dari Pemerintah Indonesia untuk kategori Eksportir Berkinerja.

"Capaian ini tentunya menjadi pemicu semangat kami untuk bisa memberikan lebih banyak kontribusi kepada bangsa dan negara. Kami berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor kendaraan-kendaraan bermerek Toyota," sambut Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, di pembukaan Trade Expo 2018.

Anak perusahaan Astra Group ini sudah mempertahankan Primaniyarta Award 2018 sejak 2013 hingga 2018. Meski sekarang ini beberapa pabrikan otomotif semakin gencar melakukan ekspor, seperti Mitsubishi dengan Xpander atau Suzuki dengan sejumlah produk roda empat dan roda dua.

Warih juga membeberkan berusaha untuk meningkatkan investasi Toyota di Indonesia. Salah satunya adalah produksi mobi listrik di tanah air.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id