Suzuki terapkan standar operasional Komitmen Higienis di seluruh dealer resmi yang masih beroperasi. Suzuki
Suzuki terapkan standar operasional Komitmen Higienis di seluruh dealer resmi yang masih beroperasi. Suzuki

Industri Otomotif

Dealer Masih Buka, Suzuki Menerapkan Komitmen Higienis

Otomotif penjualan mobil industri otomotif Virus Korona suzuki mobil virus corona
Ekawan Raharja • 02 Mei 2020 07:45
Jakarta: Masyarakat sekarang ini merasa khawatir untuk berinteraksi dan beraktivitas seperti biasa, termasuk dalam hal pembelian kendaraan, karena pandemik virus korona. Kondisi ini kemudian membuat semua produsen otomotif harus menerapkan standar operasional yang lebih higienis dan ketat demi mencegah penularan virus Covid-19 dan membuat konsumen nyaman berkunjung ke dealer.
 
Suzuki mengambil langkah dengan menerapkan standar Komitmen Higienis sebagai upaya antisipatif mencegah penyebaran Covid-19. Standar operasional ini wajib diterapkan di seluruh dealer resmi mereka yang masih beroperasi, dan wilayahnya tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
“Kami menerapkan Komitmen Higienis untuk seluruh dealer dalam upaya mencegah dan meminimalkan penyebaran virus corona, seperti penyemprotan desinfektan untuk semua unit test drive dan unit yang dibeli pelanggan, layanan home test drive, atau penggunaan masker dan physical distancing di area dealer. Semua ini kami lakukan untuk memastikan keamanan seluruh pelanggan kami dan sejalan dengan aturan pemerintah mengenai social distancing maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, melalui keterangan tertulisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komitmen Higienis merupakan kebijakan untuk operasional dealer berisikan pedoman-pedoman yang mengatur operasional dealer dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan, sehingga dapat memberikan ketenangan kepada pelanggan yang berinteraksi ke dealer. Merek asal Jepang ini memastikan setiap mobil yang dibeli akan diantar ke rumah pelanggan setelah disemprot cairan desinfektan yang sesuai.
 
Petugas yang mengantarkannya pun menggunakan sejumlah perlengkapan alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan. Kemudian untuk persyaratan pembeliannya dan dokumen semua akan diurus dengan memanfaatkan sistem di dunia digital.
 
Sebelum melakukan pembelian kendaraan, pelanggan juga dapat melakukan test drive di rumah masing-masing atau home test drive. Layanan ini untuk memastikan agar pelanggan tetap #DiRumahAja sehingga meminimalkan potensi terpapar Covid-19. Kendaraan yang disiapkan juga sudah disemprot desinfektan dan petugas yang menemani test drive juga dilengkapi dengan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan.
 
Selain itu, jika pelanggan datang ke dealer, karyawan tetap akan memberikan layanan seperti biasanya namun sesuai dengan prosedur yang sudah diterapkan, seperti standar interaksi antara karyawan dengan pelanggan yaitu menjaga jarak minimal 1-2 meter, penggunaan thermogun, masker, sarung tangan, penyemprotan desinfektan, hand sanitizer, pelayanan pendukung, hingga pengaturan layout dan furniture.
 
“Di masa yang sulit ini kami ingin tetap memastikan seluruh konsumen kami tetap dapat menikmati produk dan layanan namun tetap merasa aman dan nyaman. Selain itu, tentunya kami juga memastikan seluruh karyawan dan dealer resmi kami juga tetap aman selama melayani pelanggan,” tutup Donny.
 
Penerapan prosedur tambahan ini tidak hanya dilakukan Suzuki saja, merek lainnya juga melakukan hal serupa. Ambil contoh saja si pemain baru MG Motors.
 
Pemain baru di blantika otomotif Tanah Air ini menerapkan proses intensified pre-delivery inspection atau inspeksi intensif di seluruh unit ZS yang mereka miliki. Setiap mobil akan melalui tahapan desinfeksi guna memastikan higienitas di sisi eksterior dan juga interior. Setelah melewati proses tersebut, unit yang telah disanitasi akan dipasangkan tag khusus, kemudian baru mobil diserahkan kepada pelanggan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif