Honda siap menambah investasi Rp5,1 triliun untuk peningkatan pabriknya di Indonesia. ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum
Honda siap menambah investasi Rp5,1 triliun untuk peningkatan pabriknya di Indonesia. ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum

Industri Otomotif

Covid-19 Tidak Halangi Honda Lanjutkan Investasi di Indonesia

Otomotif industri otomotif mobil listrik honda mobil
Ekawan Raharja • 18 Mei 2020 14:08

Jakarta: Sejumlah merek otomotif sedang melakukan penambahan investasi di Tanah Air untuk berbagai pengembangan manufakturing. Honda yang diketahui juga sedang melakukan melakukan investasi tambahan di Indonesia juga tidak ada gangguan meski Covid-19 sekarang ini sedang mewabah dan menghantam industri otomotif Tanah Air.
 
Business Innovation Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengakui Jenama asal Jepang itu memang sedang melakukan investasi senilai Rp5,1 triliun. Sejauh ini, selama pandemik virus korona, tidak ada perubahan untuk rencana investasi dengan proyek selama lima tahun tersebut.
 
"Sejauh ini belum ada pembahasan untuk menunda investasi tersebut, Jadi masih sesuai rencana. Nantinya kita akan mengikuti kondisi terakhir tapi untuk sekarang ini belum ada pembahasan menghambat atau membatalkan," ungkap Yusak Billy melalui Webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Investasi ini awalnya disampaikan usai Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan sejumlah kunjungan ke perusahaan otomotif ternama Jepang tahun lalu. Honda menyampaikan akan merealisasikan investasi sebesar Rp5,1 triliun pada periode 2019-2023 di Indonesia untuk pengembangan mobil baru dan peningkatan kandungan komponen lokal, tidak termasuk untuk proyek mobil listrik.
 
"Selama ini investasi Rp5.1 triliun itu buat perkembangan model baru dan peningkatan konten lokal. Dana tersebut tidak bersinggungan dengan elektrifikasi (mobil listrik)."
 
Untuk pengembangan mobil yang dilakukan oleh Honda Indonesia nantinya akan melihat kondisi permintaan pasar nasional. Sejumlah mobil kini sedang dipantau permintaannya, termasuk mempertimbangkan model small sport utility vehicle (SUV).
 
“Kami melakukan survei juga, permintaan seperti itu (small SUV) memang sudah mulai ada. Tapi, kalau untuk modelnya apa, kita lihat nanti ya. Cuma, arah untuk small SUV sudah ada,” sambungnya.
 
Selain Honda, ada juga rencana ekspansi dari Toyota Group sebesar Rp28,3 triliun untuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino di Dalam Indonesia. Rencananya, investasi ini akan direalisasikan dalam periode lima tahun, yakni 2019-2023 untuk mengembangkan bisnis di Indonesia. Realisasi yang cepat diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi dan memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif