Teknologi Mobil Listrik

Baterai Kendaraan Listrik, Dirancang Anti Jebol

Ahmad Garuda 25 Desember 2017 11:08 WIB
mobil listrik
Baterai Kendaraan Listrik, Dirancang Anti Jebol
Baterai mobil listrik anti jebol karena rancangannya cukup sempurna. insideevs
Bandung: Regulasi mobil listrik sudah mulai dirancang pemerintah dan diharapkan sudah banyak merek yang menjual mobil tersebut mulai 5 tahun kedepan. Ragam edukasi pun mulai harus mereka siapkan, termasuk seberapa tangguh komponen kelistrikan terutama kemungkinan jebol jika koneksi listriknya terlalu lama.

Salah satu masalah klasik soal baterai dan kekuatannya saat dilakukan pengisian ulang atau pengecasan. Ibaratnya baterai di gawai atau hand phone, meski kita telah mengetahui tentang baterainya hanya butuh 2 jam pengecasan untuk penuh, terkadang kabel listriknya masih terkoneksi.

Kondisi inilah yang biasanya membuat baterai dari sebuah device seperti hp, kamera dan alat elektronik lainnya cepat rusak. Lalu bagaimana dengan baterai mobil listrik atau motor listrik? Hal ini dijawab langsung Training Manager BMW Group Indonesia, Arifin Makaminan dalam kesempatan eksklusif dengan medcom.id.

"Baterai mobil atau kendaraan listrik itu dirancang untuk anti jebol. Dimensinya lebih besar dari yang terpasang di gawai atau sebuah device. Banyak teknologi seperti sensor-sensor yang ditempatkan di sana yang bekerja seperti katup di ruang bakar mesin. Mereka hanya membuka ketika jalurnya dibutuhkan. Seperti itu juga cara kerja sistem pengecasan di mobil listrik," klaim Arifin.


Dalam penjelasan lanjutannya, Arifin menegaskan bahwa sistem pengecasan di kendaraan listrk itu juga bentuknya berbeda dari sistem pengecasan atau pengisian baterai di device.

"Kita bisa lihat model konektornya saja terlihat cukup besar, kemudian pin konektor yang besar, serta ada banyak pin konektor yang terdapat di sana. Kalau konektor pengecasan hp hanya dua yaitu kutub negatif dan positif, di sistem konektor pengisian mobil listrik itu minimal ada lima. Selain kutub negatif dan positif, ada juga yang namanya sensor panas bateran dan kabelnya, sensor daya baterai dan hingga sensor lainnya. Jadi cukup lengkap."

Namun pria ramah itu menegaskan bahwa "anti jebol' ini akan berlaku jika rancangan sistem pengecasannya dibuat dengan konfigurasi yang seharusnya. Karena konektor untuk mobil-mobil listrik ini sudah disesuaikan dengan standar keamanan untuk pengisian daya di baterai mobil listrik. Namun jika membuat pakem sendiri yang risetnya dilakukan asal-asalan, bisa jadi pemicu jebolnya baterai atau bahkan hubungan arus pendek.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id