Penjualan Mobil

Fortuner Makin Tak Berkutik Lawan Pajero Sport

Ainto Harry Budiawan 12 Juli 2018 15:20 WIB
toyotamitsubishipenjualan mobil
Fortuner Makin Tak Berkutik Lawan Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport penguasa baru segmen SUV diesel. Dok. Medcom
Jakarta: Penjualan SUV bongsor bermesin diesel saat ini masih sengit antara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dulu Toyota bisa dikatakan jadi penguasa segmen ini, namun hal itu kini berbalik.

Sekarang Mitsubishi Pajero Sport tengah memimpin segmen ini, setidaknya sampai semester pertama 2018. Total distribusi keduanya 11.021 unit berbanding 9.072 unit. Fortuner hanya unggul bulan Januari dan Juni saja.

Penjualan Pajero Sport pun melesat tajam dibandingkan tahun lalu yang diangka 8.468 unit, untuk kurun waktu sama. Sementara Fortuner justru terpuruk, tahun lalu semester satu menjual 11.097 unit.

Kedua pabrikan tak tinggal diam, Toyota misalnya melepas versi TRD yang sekaligus jadi varian tertinggi dengan penambahan kelengkapan. Lalu Mitsubishi beberapa waktu lalu menjual versi Rockford Fosgate, dengan audio yang lebih apik.


Bicara kompetitor lain, disegmen ini ada Isuzu mu-X yang hanya terdistribusi 253 unit saja. Lalu Chevrolet Trailblazer yang diangka 262 unit. Seolah keduanya hanya jadi pelengkap segmen saja.

Yang menarik adalah menantikan kiprah Nissan terra. Akankah mobil yang meluncur Agustus 2018 mendatang bisa diterima masyarakat dan bicara banyak melawan Pajero Sport dan Fortuner? Kita tunggu saja.



(UDA)