Mobil dinas Presiden AS (Foto: autoweek)
Mobil dinas Presiden AS (Foto: autoweek)

Tak Dapat Mobil Dinas Baru, Joe Biden Pakai Mobil Bekas Trump

Otomotif joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Pelantikan Joe Biden
Adri Prima • 19 Januari 2021 19:51
Jakarta: Banyak hal menarik yang bisa dibahas terkait dengan serba-serbi jelang pelantikan presiden Amerika Serikat terpilih yang baru, Joe Biden. 
 
Berdasarkan jadwal, Biden bakal secara resmi dilantik sebagai Presiden AS yang baru pada tanggal 20 Januari 2021. Ia bakal menggantikan Donald Trump yang dikalahkannya dalam pilpres AS 2020
 
Usai dilantik nanti, mobil dinas yang akan digunakan Biden juga tak luput dari perhatian. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam beberapa kesempatan, Biden sempat mengatakan kalau dirinya sangat mendukung mobil listrik. Spekulasipun mulai merebak kalau nantinya Biden lebih memilih mobil listrik ketimbang mobil bermesin konvensional. 
 
Dilansir dari Autoweek, kemungkinan besar Biden tidak akan mendapatkan mobil dinas baru. Artinya, ia akan menggunakan mobil dinas yang sama dengan yang digunakan oleh Presiden sebelumnya, Donald Trump yaitu Cadillac One. 
 
Pasalnya, menurut aturan dan anggaran di negeri 'Paman Sam' tersebut, Presiden Amerika terpilih hanya boleh mendapatkan mobil kenegaraan yang baru jika mobil kenegaraan sebelumnya sudah digunakan selama 8 tahun. 
 
Sementara mobil kenegaraan yang digunakan Trump masih terhitung aktif selama 4 tahun. 
 
Dengan kata lain, Joe Biden harus menunggu hingga 2024 untuk mendapatkan mobil baru atau paling tidak ia harus terpilih lagi untuk periode kedua saat Pilpres selanjutnya. 

Cadillac siapkan line up mobil listrik

Sudah bukan rahasia lagi, kalau mobil kenegaraan untuk Presiden Amerika Serikat selalu memakai brand Cadillac. 
 
Menyambut presiden baru Joe Biden yang sangat menggemari mobil listrik, pabrikan otomotif yang bermarkas di Detroit, AS itu pun sebenarnya sudah mempersiapkan line up Cadillac bertenaga listrik. 
 
Sejauh ini ada dua model mobil listrik yang dikembangkan Cadillac antara lain Cadillac Lyric dan Cadillac Celestiq. Kedua model konsep tersebut juga diproyeksikan untuk bisa dipasarkan secara domestik pada tahun 2025 mendatang. 
 
Akan tetapi sebelum resmi dijual, Cadillac berkomitmen Joe Biden menjadi orang pertama yang menggunakan mobil listrik Cadillac.
 
(ACF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif