Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Indonesia Green Summit 2021

Transportasi yang Ramah Lingkungan, Bagaimana Langkah Pemerintah?

Otomotif Indonesia Green Summit 2021
Ekawan Raharja • 22 Juli 2021 15:00
Jakarta: Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang terus mematangkan rencana menghadirkan sistem transportasi yang ramah lingkungan dan minim emisi gas buang. Sejumlah peraturan disiapkan untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan kehadiran kereta cepat di Tanah Air.
 
Pemerintah telah menetapkan roadmap pengembangan kendaraan listrik hingga tahun 2030. Targetnya, produksi kendaraan listrik pada tahun 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua dapat mencapai hingga 2,45 juta unit.
 
Kemudian, masyarakat diharapkan untuk beralih membeli kendaraan listrik dan menggunakan transportasi umum agar bisa menekan emisi gas buang. Dengan peningkatkan populasi kendaraan listrik ini diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas seperti apa detail untuk mencapai tujuan tersebut, dan bagaimana dukungan dari pihak-pihak terkait terhadap penurunan emisi karbon di langit Indonesia?
 
Indonesia Green Summit 2021 akan membahas mengenai mobilitas yang ramah lingkungan di sesi 'Green Transportastion - Siapkah Melaju Tanpa Emisi?'. Di kesempatan kali ini, narasumber yang berkompeten akan membahas bagaimana perkembangan mobil listrik (EV) dan kereta cepat dalam kaitannya dengan emisi karbon, dan adaptasi sistem transportasi ramah lingkungan mengurangi emisi karbon.
 
Dalam sesi ini rencananya akan menghadirkan Menteri Perhubungan - Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian - Agus Gumiwang Kartasasmita, Direktur Utama PT Blue Bird - Noni Purnomo, CEO Gojek - Kevin Aluwi, dan Dirjen PPKL KLHK Agus Justianto. Indonesia Green Summit 2021 akan berlangsung pada 26-27 Juli 2021 Pukul 09.00 - 18.00 WIB dan bisa diikuti melalui Zoom Webinar.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif