Pasar mobil bekas kini perlahan membaik mendekati kondisi normal. OLX Autos
Pasar mobil bekas kini perlahan membaik mendekati kondisi normal. OLX Autos

Industri Otomotif

Pasar Mobil Bekas Mulai Kembali Normal 80 Persen

Otomotif industri otomotif mobil bekas
Ekawan Raharja • 07 Agustus 2020 17:28
Jakarta: Masuknya masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berdampak kepada kembali menggeliatnya pasar otomotif, termasuk penjualan mobil bekas. Bahkan perlahan kini penjualan mobil bekas sudah kembali membaik dan mendekati kondisi normal.
 
Menurut data yang dikeluarkan OLX Indonesia, rata-rata jumlah pencari mobil di platform OLX sempat menurun seiring pemberlakuan PSBB pada April lalu. Namun seiring dengan pemberlakuan new normal di bulan Juni 2020, total pencari mobil bekas di platform OLX Indonesia berangsur menuju normal yakni berada di kisaran 80 persen.
 
Data menunjukan total pencari mobil bekas di bulan Juni 2020 naik sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan bulan April 2020 saat PSBB diterapkan. Sementara itu dari sisi penawaran (listing) mobil bekas, jumlah listing di bulan Juni 2020 juga mengalami peningkatan sekitar 35 persen dibandingkan bulan Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, optimisme untuk pasar mobil bekas perlahan akan membaik dalam waktu dekat. Bahkan mereka memprediksi akan kembali normal hanya dalam waktu tiga bulan saja.
 
"Kami optimis pasar mobil bekas akan membaik dalam 3 bulan ke depan, berdasarkan hasil riset kami dalam whitepaper bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal menunjukan sebagian besar permintaan penjualan mobil sebenarnya tidak hilang, melainkan tertunda. Apalagi preferensi konsumen cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, hal ini agar lebih mudah menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan lebih cermat. Pelanggan juga cenderung memilih mobil bekas dikarenakan realokasi dana untuk kepentingan lain di era new normal ini,” ujar Ichmeralda Rachman melalui keterangan resminya.
 
Demi merangsang pasar mobil bekas untuk kembali normal, marketplace ini menawarkan promo berupa cashback setiap pembelian mobil bekas. Ridak tunggungtanggung mereka akan memberikan cashback Rp 1,7 juta untuk pembelian mobil periode 6-20 Agustus 2020.
 
“Kami harap kegiatan ini semakin menggelorakan minat konsumen di pasar mobil bekas dan semakin mendorong pemulihan pasar mobil bekas ke arah yang semakin baik. OLX Autos sendiri hadir dengan semangat memberikan layanan jual mobil instan, aman dan nyaman,” tutup Ichmeralda.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif