Tips Knowledge

Apa Keuntungan Pakai Gas Nitrogen di Ban?

M. Bagus Rachmanto 06 Juli 2018 09:53 WIB
tips knowledge
Apa Keuntungan Pakai Gas Nitrogen di Ban?
Penggunaan gas nitrogen bikin kerja ban lebih optimal. Car News
Jakarta: Semakin banyaknya fasilitas tambal ban dan isi nitrogen di SPBU memberikan alternatif pengisian tekanan angin selain oksigen biasa. Meskipun begitu, kemungkinan besar sebagian masyarakat masih awam dan belum mengetahui tentang kelebihan penggunaan nitrogen pada ban.

Apa saja keuntungan menggunakan gas nitrogen?. Menurut Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, Mus Mulyadi, tekanan gas nitrogen lebih stabil karena molekulnya lebih besar ketimbang molekul yang dimiliki oleh angin biasa yaitu campuran oksigen dan udara.

Berat jenis nitrogen diklaim lebih ringan dan partikelnya lebih besar, sehingga dapat memperkecil kebocoran. Selain itu temperatur gas nitrogen cenderung lebih rendah sehingga ban dapat bekerja lebih optimal dan bisa mengurangi keausan ban yang tidak merata. 

Efek positif lain yang bakal didapat saat menggunakan nitrogen bisa mencegah terjadinya korosi terhadap penguat kawat baja (steel belted) di ban. Ini terjadi karena nitrogen tidak mengandung air.


Tapi menggunakan gas nitrogen perlu juga mengetahui cara merawatnya, yakni jika ingin menambah tekanan angin, diharuskan menggunakan nitrogen kembali. Sebab jika diisi oksigen biasa dan bercampur dengan gas nitrogen maka menjadi tidak optimal, dan Anda harus mengurasnya kembali sampai habis.
 
Kekurangannya jika Anda mengisi gas nitrogen adalah ketersediaan pengisian masih belum begitu banyak bengkel yang menyediakannya. Apalagi jika di daerah yang masih jauh dari perkotaan, tidak semua SPBU menyediakan pengisian nitrogen.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id