lini produk mobil listrik Toyota di masa depan. Toyota
lini produk mobil listrik Toyota di masa depan. Toyota

Industri Otomotif

Toyota Bekukan Bisnisnya di Rusia dan Ukraina

Ekawan Raharja • 04 Maret 2022 15:10

Tokyo: Peperangan yang terjadi antara Rusia dan Ukraina sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Kondisi ini membuat Toyota menghentikan bisnisnya di kedua negara tersebut, baik urusan penjualan hingga produksi.
 
Jenama asal Jepang ini mengakui masih memantau perkembangan yang terjadi di Ukraina dan berharap kondisi kembali damai segera mungkin. Akan tetapi, mereka mengambil langkah untuk menghentikan bisnisnya karena keselamatan seluruh karyawan dan rekan-rekan bisnisnya menjadi fokus utamanya.
 
Mereka diketahui sudah menghentikan penjualan dan layanan purna jual di Ukraina sejak 24 Februari 2022. Di sana terdapat 37 dealer yang tersebar di berbagai daerah.
 
Sedangkan untuk bisnis di Rusia juga dihentikan, termasuk dealer dan pabrik yang ada di Negeri Beruang Merah. Sejauh ini Toyota memiliki 168 dealer dan pabrik di wilayah St. Petersburg yang memproduksi RAV4 serta Camry. Aktivitas produksi dan impor pun dihentikan sejak 4 Maret 2022 hingga pemberitahuan lebih lanjut karena ada gangguan dari suplai pasokan.
 
Selain itu, keterangan resmi juga menyebutkan tidak gangguan untuk pasar Eropa secara umumnya. Proses produksi dan penjualan masih berjalan normal di negara-negara Eropa lainnya.


 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif