Jangan lupa lakukan perawatan untuk AC di mobil kesayangan anda. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan lupa lakukan perawatan untuk AC di mobil kesayangan anda. Medcom.id/Ekawan Raharja

Perawatan Sederhana AC agar Tetap Dingin

Otomotif tips mobil tips knowledge
Ekawan Raharja • 10 Januari 2019 12:30
Jakarta: Di Indonesia, AC merupakan komponen penting ketika mengemudi. Tentu saja kondisinya harus terus dijaga agar dapat bekerja maksimal dan berumur panjang.
 
Tentu ada sejumlah perawatan sederhana yang bisa dilakukan pemilik mobil. Adapun langkah-langkah sederhananya dikutip AstraWorld adalah:
 
Pertama jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian sempatkan untuk membuka kaca sebelum menyalakan AC dan gunakan putaran blower yang tertinggi. Tujuannya agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin.
 
Perawatan Sederhana AC agar Tetap Dingin
 
Setelahnya ketika berhenti saat menempuh perjalanan jauh, matikan mesin dan AC serta buka kaca jendela untuk beberapa saat. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC dan agar udara di dalam kabin bersirkulasi, sehingga kadar oksigen di dalam kabin menjadi maksimal.
 
Jangan ketinggakan Bersihkan kondensor AC dengan semprotan air. Lakukan langkah ini ketika mencuci mobil dengan air bertekanan. Arahkan semprotan air ke kondensor AC, yang posisinya tepat di balik grill depan. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan lebih cepat dingin.
 
Langkah-langkah sederhana di atas dapat dilakukan untuk perawatan sehari-hari. Apabila AC mobil Anda bermasalah, segera minta bantuan bengkel untuk memeriksa dan memperbaiki agar permasalahan tidak merambat ke komponen-komponen lain pada sistem AC.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif