Mesin bensin dan mesin disel punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Roadfly
Mesin bensin dan mesin disel punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Roadfly

Mesin Diesel

Benarkah Mesin Diesel Kini Lebih Ramah Lingkungan?

Otomotif mesin diesel polusi
M. Bagus Rachmanto • 26 Maret 2020 14:08
Jakarta: Hingga saat ini banyak yang beranggapan mesin bensin lebih ramah lingkungan ketimbang mesin diesel. Padahal fakta justru menunjukkan sebaliknya. Mungkin citra mesin diesel yang berisik, kasar, berasap hitam sudah terlanjur tertanam dalam benak banyak orang.
 
Karena kelebihan yang dimiliki mesin diesel, sederet produsen mobil ternama dunia tetap setia bahkan terus mengembangkan mesin kreasi Rudolf Diesel itu. Ada Volkswagen Group dengan TDI Clean Diesel dan EcoDiesel, Mercedes-Benz dengan BlueTec-nya dan beberapa mesin diesel kreasi produen mobil lainnya. Lalu seberapa bersih mesin pembakar minyak itu?
 
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) Inggris, mesin penghasil torsi ini jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mesin-mesin diesel yang dijual di Inggris saat ini menghasilkan polutan 21 persen lebih sedikit dibandingkan diesel yang dijual pada 2003. Di saat yang bersaamaan, efisiensi bahan bakarnya meningkat 27 persen dibandingkan 10 tahun lalu.
 
Menurut penelitian SMMT, secara keseluruhan, rata-rata diesel di Inggris hanya menghasilkan 128,3 gram CO2 per kilometer, atau turun hampir 30 persen sejak 2000. Hal ini juga menandai untuk pertama kalinya rata-rata emisi mesin diesel mampu ditekan mencapai angka di bawah 130 gram/km.
 
Berdasarkan analis dari Vincentric, bahwa untuk memiliki mobil bermesin diesel, ada biaya yang lebih mahal harus dikeluarkan konsumen untuk memilikinya. Namun konsumsi bbm yang lebih irit dan harga solar yang juga lebih murah, menjadikan kepemilikan jangka panjangnya sangat menggiurkan.
 
Sementara untuk kepemilikan mobil dengan konsumsi bensin, harga di awal memang lebih murah. Tapi harga bensin yang lebih mahal ketimbang solar dan konsumsinya yang lebih boros, membuat biaya saat penggunaan mobil itu lebih mahal.
 
Setelah dilakukan pengujian terhadap 35 mobil diesel berdasarkan dua kategori yaitu harga mobil dibandingkan dengan harga bahan bakar, hanya 11 mobil diesel yang benar-benar lebih murah ketimbang mobil bensin. Namun jika ditambah kategori konsumsi bahan bakar, hampir semua mobil diesel memiliki kemampuan ini.
 
Total persentase kendaraan diesel yang mampu menawarkan biaya paling murah berdasarkan tiga kategori di atas, sekitar 31 persen. Angka ini menurun, dari angka mobil diesel yang memenuhi target murah di tahun 2013, yaitu 46 persen. Mungkin juga karena banyak manufaktur yang menghilangkan versi diesel dan malah mengembangkan mesin hybrid. Kini tren otomotif dunia mengarah pada mobil ramah lingkungan bertenaga listrik. Bisa jadi nantinya penggunaan mesin konvensional akan kalah pamor dan mulai ditinggalkan.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif