Ilustrasi. MI/Susanto
Ilustrasi. MI/Susanto

Peraturan Pemerintah

Mobil Harus Bayar Rp 150 Ribu Bisa Masuk Kota Ini

Otomotif emisi kendaraan
Ekawan Raharja • 19 Oktober 2020 12:00
Birmingham: Sejumlah kota di Eropa sudah mulai menerapkan kebijakan yang memberatkan para pengemudi mobil konvensional. Bahkan untuk para pengemudi mobil konvensional, baik bermesin bensin atau diesel, harus membayar biaya tambahan untuk masuk ke kota ini.
 
Pemerintah Kota Birmingham, Inggris, merencanakan setiap pengemudi yang membawa mobil konvensional masuk ke kotanya membayar GBP 8 atau sekitar Rp 152 ribu. Peraturan ini sudah disahkan per Maret 2019, dan akan mulai diberlakukan pada 1 Juni 2021.
 
Biaya tambahan ini akan dikenakan untuk mobil dengan emisi gas buang yang tinggi, Termasuk mobil diesel dengan tahun produksi sebelum 2015 dan mobil bensin yang diproduksi sebelum 2006.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, untuk mobil van dan minibus yang mengantar anak-anak sekolah maka mendapatkan dispensasi. Selain itu ada juga sejumlah mobil baru yang terdapat di dalam kota mendapatkan dispensasi, dan beberapa kondisi lainnya juga mendapatkan pembebasan biaya.
 
Dengan diberlakukannya biaya ini, maka ratusan ribu mobil yang akan terkena. Mengingat dalam sehari ada 200 ribu mobil yang melintas dan 60 persen diantaranya tidak memenuhi standar emisi.
 
Peraturan ini dibuat tentu untuk mengurangi polusi udara yang kini menjadi isu serius berbagai negara di Eropa. Selain itu peraturan ini dibuat sebagai rencana transportasi radikal berupa larangan seluruh kendaraan pribadi berkendara ke pusat kota per tahun 2031, dikutip dari BBC.
 
Pihak pemerintah mengambil langkah ini karena polusi yang tinggi dan membahayakan kesehatan masyarakat Birmingham. Bahkan menurut klaim mereka polusi berpengaruh terhadap kematian 900 orang di kota itu dalam setahun.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif