Daihatsu saat mengikuti pameran otomotif. Daihatsu
Daihatsu saat mengikuti pameran otomotif. Daihatsu

Industri Otomotif

Daihatsu Buka-Bukaan Penjualan Selama 2020, Ini Penyelamat Mereka

Otomotif penjualan mobil industri otomotif daihatsu
Ekawan Raharja • 16 Januari 2021 12:00
Jakarta: Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi banyak kalangan, termasuk para pemain di sektor otomotif. Penjualan otomotif Indonesia mengalami penurunan yang sangat signifikan akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun.
 
Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 mencapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45 persen dibandingkan tahun 2019. Di tengah kondisi pelik tersebut, Daihatsu pun terang-terangan mengenai kondisi penjualannya sepanjang tahun lalu.
 
Mereka akui penjualan retail mereka hanya 100.026 unit, turun 44 persen dibandingkan tahun 2019. Meski demikian, kalau melihat porsi penjualan mereka di pasar otomotif nasional, saudara Toyota ini berhasil meraih kenaikan pangsa pasar 0,3 persen menjadi 17,3 persen.
 
“Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3 persen. Penurunan penjualan juga masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar secara nasional,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, Jumat (15/1/2021) melalui jumpa pers virtual.
 
Merinci kondisi di semester 1 tahun 2020, retail sales mereka pada Kuartal I (Januari-Maret) sebesar 39.186 unit. Memasuki kuartal II (April-Juni) pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan yang paling dalam pada bulan Mei, dan jenama asal Jepang ini hanya berhasil menjual 14.391 unit di periode ini.
 
Halaman Selanjutnya
  Memasuki semester 2 tahun…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif