Kyoya Kondo, Sang Begawan di 'Tiga Berlian' Indonesia
Kyoya Kondo mencetak prestasi bagus selama menjabat sebagai Presiden Direktur PT MMKSI. Mitsubishi
Jakarta: Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kyoya Kondo, akan melepaskan jabatannya dalam hitungan hari. Meski terbilang singkat, namun di bawah kepemimpinannya pabrikan berlogo tiga berlian ini semakin bertaji di kancah industri otomotif Indonesia.

Pria yang akrab disapa Kondo-san itu mulai diperkenalkan sebagai Presiden Direktur PT MMKSI pada 1 April 2017, menggantikan Hisashi Ishimaki. Pergantian ini juga menjadi babak baru kendaraan penumpang Mitsubishi yang sebelumnya berada di bawah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), kemudian dipecah menjadi MMKSI yang khusus mengurusi kendaraan komersial MMKSI.

Pengalaman Kondo-san yang pernah bekerja di Thailand, Filipina, dan Malaysia menjadi keunggulan dia memetakan pasar Asia Tenggara. Terbukti di bawah kepemimpinannya, ada beberapa strategi penting yang mengubah geng Pulomas, Jakarta Timur tersebut semakin bertaji di Indonesia.


Di mulai dari debut dunia Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017. LMPV ini sukses memberikan perlawanan terhadap hegemoni Toyota Avanza di pasar nasional.

Data wholesale Gaikindo Per September - Desember 2017 saja menjelaskan bahwa, Xpander sukses terjual 13.070 unit. Bahkan Januari - April 2018, penjualan Xpander melesat di 29.069 unit, mengalahkan sang raja Avanza yang hanya 28.330 unit.

Kemudian di bawah kepemimpian Kondo-san, pabrik Mitsubishi di Indonesia juga mulai ekspor Xpander ke pasar ASEAN. Bahkan Agustus 2018, pabrik di Indonesia menargetkan bisa mengirim 120 ribu unit Xpander per 2018.

Dari semua momen yang terjadi selama 1,5 tahun kepemimpinan Kondo-san, prestasi terbaiknya adalah menjadikan Mitsubishi Indonesia sebagai penjual terbanyak dibandingkan Mitsubishi di belahan negara lain.

"Indonesia menjadi nomor 1 pada Juli 2018, untuk penjualan Mitsubishi. Posisi kedua menjadi China, ketiga Amerika Serikat. Dan memang harus diakui penjualan Mitsubishi Xpander ikut menyumbang, Dan kita coba memberikan model lain (GLS otomatis dan Sport Manual), untuk memenuhi kebutuhan konsumen," ujar Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari, di GIIAS 2018.

Kini Kyondo-san harus meletakan menyerahkan jabatannya kepada Nakamura per 25 September 2018. Dia pun mengakui banyak kesan yang ditinggalkan selama di Indonesia.

"Pekan depan saya akan kembali ke Jepang setelah satu setengah tahun di Indonesia. Banyak kenangan di Indonesia, misalnya saat Motor Show, temu media, dan banyak hal berkesan lainnya," kata pria penggemar Padi dan Project-Pop ini Rabu (19/9/2018) di Sport Stube Jakarta.

"Ini tantangan besar bagi Nakamura. Dia baru saja datang dari Russia dan sebelum ke Jakarta dia sempat ke Jepang dahulu. Saya yakin dia mempunyai ide baru yang membuat Mitsubishi (Indonesia) lebih baik ke depannya," harap Kondo-san.

Sayonara Kondo-san!



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id