Industri Otomotif

Mitsubishi Siap Penuhi Permintaan Euro4 per Oktober 2018

Ekawan Raharja 04 Juni 2018 14:38 WIB
mitsubishiindustri otomotif
Mitsubishi Siap Penuhi Permintaan Euro4 per Oktober 2018
Mitsubishi Xpander hasil rakitan Cikarang Jawa Barat. Mitsubishi
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) meminta seluruh industri otomotif di Indonesia sudah menghadirkan mobil berstandar emisi Euro4 per 7 Oktober 2018. Menanggapi rencana tersebut, Mitsubishi mengakui siap mengikuti aturan main yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, menjelaskan mereka siap untuk memproduksi mobil-mobil berstandar Euro4. Mengingat Mitsubishi juga memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat, yang memproduksi Xpander, Pajero Sport, dan beberapa model lainnya.

"Kami sudah siap, itu Oktober produksi (Mobil berstandar Euro4) harus siap dan kita sudah siap. Mitsubishi tidak ada masalah, di luar sudah ada," ujar Irwan di Lucy in The Sky Jakarta.

Saat ini Mitsubishi juga mengakui masih memproduksi mobil-mobil berstandar Euro4. Hanya saja ketika sudah memasuki 7 Oktober 2018, pabrikan berlogo tiga berlian tersebut akan menghentikan produksi mobil Euro2, dan beralih ke Euro4.


Lebih lanjut belum tentu juga ada perubahan harga ketika mobil-mobil produksi beralih ke Euro4. Menurutnya ada banyak hal yang mempengaruhi penyesuaian harga, tidak hanya sekadar peralihan teknologi.

"Saat ini yang sedang diantisipasi adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing," sambungnya.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan peraturan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau mengenai standar emisi Euro4. Aturan ini rencananya akan mulai berlaku untuk bbm bensin pada 7 Oktober 2018.



(UDA)