Kendaraan operasional berpelat dinas seperti TNI dan Polri bebas melintas di rute ganjil genap. MI/Ramdani
Kendaraan operasional berpelat dinas seperti TNI dan Polri bebas melintas di rute ganjil genap. MI/Ramdani

Ini Mobil yang Boleh Melintas di Rute Ganjil Genap

Otomotif lalu lintas regulasi otomotif
M. Bagus Rachmanto • 08 Agustus 2019 11:04
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan pengecualian terhadap sejumlah kendaraan untuk bebas melintas di wilayah perluasan ganjil genap. Salah satunya yakni kendaraan listrik.
 
"Kendaraan listrik tidak diberlakukan ganjil-genap," kata Kepala Dishub DKI Syarfin Liputo di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Kendaraan lain yang bebas melintas di wilayah ganjil genap yakni, kendaraan untuk disabilitas. Polisi akan memberikan stiker khusus di kendaraan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu ambulans, pemadam kebakaran, angkutan umum berpelat kuning, serta truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG) juga akan terbebas dari ganjil genap. Kendaraan presiden dan wakil presiden, pimpinan MPR, DPR, DPRD, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, dan Badan Pemeriksa Keuangan juga tidak akan terdampak kebijakan ini.
 
"Kendaraan operasional berpelat dinas seperti TNI dan Polri turut dikecualikan," imbuh Syafrin.
 
Kendaraan pimpinan tamu negara atau pejabat asing juga tidak terkena ganjil genap. Hal itu berlaku untuk kendaraan yang akan memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
 
"Kendaraan untuk kepentingan tertentu seperti kendaraan pengangkut uang tidak kena asalkan dengan pengawasan Polri," kata dia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif