Cara Mudah Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis
Tips memilih pembungkus jok dari kulit, pastikan tak salah beli. Medcom.id/A Harry Budiawan
Jakarta: Mempercantik Kendaraan kesayangan, bisa dilakukan dengan mengganti pembungkus jok mobil dengan bahan kulit. Akan tetapi hati-hati jika tidak tahu, bisa-bisa ditipu dengan kulit sintetis.

Membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidaklah sulit. Seperti yang dijelaskan oleh Fany Darmawan, pemilik Generous Car Leather Seat di bilangan ruko Demarket Otomotif Depok, terdapat beberapa perbedaan jok kulit asli dengan sintetis.

"Pasti ada bedanya yang asli dan sintetis. Ada beberapa perbedaan yang bisa langsung diliat," tutur Fany saat dikonfimasi Medcom.id, beberapa waktu lalu.

Berikut beberapa cara membedakan jok kulit asli dan sintetis:
1. Wangi kulit asli dan sintetis berbeda. Kulit asli memiliki wangi seperti berbau amis kulit, sedangkan wangi kulit sintetis lebih berbau karet.


2. Tekstur Kulit asli terasa lebih kasar saat diraba. Kulit sintetis akan lebih lembut.

3. Secara daya tahan, kulit asli tidak mudah pecah dan mengelupas. Berbeda kulit sintetis yang mudah pecah permukaanya dan mengelupas.

4. Dari sisi kenyamanan, jok kulit asli lebih menyerap keringat. Sedang kulit sintetis tidak menyerap keringat sehingga mengganggu kenyaman berkendara.

Soal harga jok kulit pastinya punya banderol yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sintetis. Fany mematok harga Rp 8 juta hingga Rp 10 juta untuk jok kulit asli. Sedangkan jok kulit sintetis dibanderol mulai Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. 



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360