Dishub DKI Jakarta memandu truk pengangkut tabung oksigen di jalanan. Instagram/dishubdkiJakarta
Dishub DKI Jakarta memandu truk pengangkut tabung oksigen di jalanan. Instagram/dishubdkiJakarta

Lalu Lintas

Rombongan Pengangkut Tabung Oksigen Lewat, Minggir & Beri Jalan

Otomotif lalu lintas
Ekawan Raharja • 07 Juli 2021 15:00
Jakarta: Tingginya angka infeksi Covid-19 di Indonesia juga dibarengi dengan tingginya kebutuhan tabung oksigen untuk membantu pernafasan pasien. Bahkan untuk pasokannya tabung oksigen di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya harus dibantu oleh pasokan dari Krakatau Steel.
 
Bahkan dalam pengamanan dan kelancaran pengiriman tabung oksigen ini, truk pengangkut mendapatkan pengawalan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta seperti pada Senin (5-7-2021). Petugas Dishub melakukan kegiatan pemanduan penyediaan oksigen untuk rumah sakit serta pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan.
 
"Pengangkutan tabung oksigen Jakarta – Cilegon menggunakan 1 truk crane dari Dinas Sumber Daya Air, serta 1 truk crane dan 1 dump truck dari Dinas Bina Marga. Setiap perjalanan dari dan menuju Cilegon akan dipandu oleh petugas dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. Disediakan pula 2 tim dengan total 40 orang untuk bongkar-muat tabung oksigen di Monas dan di Cilegon," tulis di kolom takarir akun Instagram @dishubdkijakarta.
 
Selain itu, Dishub DKI Jakarta mengimbau kepada pengguna jalan agar menepikan sejenak kendaraan untuk memberikan akses jalan jika bertemu rombongan yang memandu truk-truk Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, serta Satpol PP saat mengangkut dan mendistribusikan tabung-tabung oksigen kepada mereka yang membutuhkan. Sehingga tabung tersebut bisa disalurkan dengan lebih efektif dan membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan.
 
Para pengguna jalan juga sebaiknya minggir dan memberikan jalan demi kelancaran distribusi tabung oksigen ini. Bahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengatur tentang kendaraan, mereka tergolong mendapatkan hak prioritas di jalan.
 
 
Peraturan tersebut menyebutkan ada 7 kendaraan yang berhak mendapatkan prioritas;
a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. iring-iringan pengantar jenazah; dan
g. konvoi dan/ atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian
 
Kalau melihat kondisi dan urgensinya, rombongan truk pengangkut tabung oksigen ini termasuk ke dalam prioritas huruf G. Mengingat muatan yang mereka bawa sekarang ini sangat dibutuhkan di masa-masa pandemi sekarang.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif